Menhan RI Hadiri Pertemuan ADMM ke 6 di Kamboja

Senin, 4 Juni 2012

a59666e108ce0a6a3922866d910c28a3Phnom Penh, Kamboja – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro bersama dengan para Menteri Pertahanan se-ASEAN, Selasa (29/5) menghadiri ASEAN Defense Ministers’ Meeting (ADMM) di  Phnom Penh, Kamboja. ADMM merupakan pertemuan para menteri pertahanan se-ASEAN untuk membahas dan mengadopsi langkah-langkah dan mekanisme dalam meningkatkan kerjasama pertahanan dan keamanan diantara negara-negara ASEAN.

ADDM dilaksanakan setiap tahun dan merupakan mekanisme pertemuan pertahanan tingkat tinggi organisasi ASEAN dalam rangka mendukung program ASEAN Community 2015. Negara peserta ADMM antara lain : Brunai Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar,  Phiilipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Pertemuan ADMM di Kamboja ini yang merupakan pertemuan ke 6 berlangsung selama tiga hari dimulai tanggal 28 hingga 30 Mei 2012. Kamboja selaku tuan rumah mengambil tema untuk pertemuan ADMM ke 6 yaitu “Enhancing ASEAN Unity for a Harmonized and Secure Community,”. Pertemuan diketuai oleh Wakil Perdana Menteri  dan Menteri Pertahanan Kamboja Jenderal Tea Banh. Isu yang dibahas pada pertemuan ADMM antara lain industri Pertahanan, Peace keeping Center Network, Counter Terrorisme dan Laut China Selatan.

Dalam kesempatan ini, Menhan RI Purnomo Yusgiantoro menyampaikan beberapa permasalahan keamanan regional diantaranya rencana latihan counter terrorisme, Table top dan Practice Exercise yang akan diikuti negara-negara ADMM Plus terdiri dari 18 negara : Brunai Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar,  Phiilipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Amerika Serikat,  Australia, China, India, Jepang, Korea Selatan, Rusia, dan Selandia Baru akan dilaksanakan di IPSC (Indonesia Peace and Security Center) pada bulan September 2013.

Lebih lanjut Menhan mengatakan,  dalam pertemuan ADMM ke 6 tersebut  para Menhan se-ASEAN telah berkomitmen untuk mewujudkan Code of Conduct di Laut  China Selatan untuk menciptakan kawasan yang damai dan stabil.

Setelah pertemuan ADMM ke 6, Menhan RI bersama dengan Menteri Pertahanan se-ASEAN juga berkesempatan mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan China Liang Guanglie. Pertemuan tersebut membahas peningkatan hubungan dan kerjasama pertahanan antara China dan ASEAN.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia