Menhan RI Terima Kunjungan Kehormatan Menhan Australia

Jumat, 8 November 2013

Menhan Purnomo Yusgiantoro, Jumat (8/11), menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Australia David Johnston di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta. Kunjungan perdana Menhan Australia ini disambut baik oleh Menhan Purnomo Yusgiantoro dan berharap hubungan pertahanan kedua negara semakin meningkat.

Dalam kunjungan tersebut dilaksanakan pertemuan bilateral antara kedua negara. Menhan RI didampingi Wakil Menhan Sjafrie Sjamsoeddin dan pejabat Eselon I Kemhan, sedangkan Menhan Australia didampingi oleh Secretary Of Defence Mr Dennis Richardson, Advisor to the Minister For Defence, Mr. Guy Boekenstein, dan Atase Pertahanan Australia untuk Indonesia, Brigjen John Gould.Pada kesempatan tersebut, Menhan Purnomo Yusgiantoro menegaskan bahwa hubungan kedua negara yang telah terjalin baik selama ini tidak boleh dinodai oleh hal-hal yang tidak sesuai dengan etika hubungan internasional. Berkait dengan hal tersebut, Menhan RI meminta penjelasan kepada Menhan Australia tentang isue penyadapan yang menjadi isue publik di media masa Australia maupun Indonesia.

Merespon hal tersebut, Menhan Australia menyatakan bahwa isue tersebut telah dibahas pada level yang lebih tinggi oleh Menlu Indonesia dan Menlu Australia. Selanjutnya Menhan Australia menambahkan bahwa kerjasama pertahanan Australia dengan Indonesia menempati prioritas tertinggi, dan menegaskan kembali komitmen negaranya untuk menjaga hubungan baik dengan Indonesia serta menjunjung tinggi prinsip-prinsip yang telah disepakati dalam Lombok Treaty, 13 November 2006.

Selanjutnya, Menhan Purnomo Yusgiantoro mengundang Menhan David Johnston untuk menjadi pembicara pada Jakarta International Defence Dialogue (JIDD) 2014 yang akan berlangsung pada bulan Maret tahun depan. JIDD 2014 akan mengangkat tema “Maritime Security”, yang merupakan isu penting untuk dibahas bersama oleh negara-negara di Kawasan Asia Pasifik. Menhan Purnomo Yusgiantoro meminta kepada Menhan Australia agar menyampaikan undangan kepada Perdana Menteri Australia H.E. Tony Abbott untuk hadir dan menjadi keynote speaker pada JIDD 2014 mendatang.

Kerjasama Pertahanan kedua negara yang telah berlangsung selama ini meliputi pertemuan pejabat tinggi (Two Plus Two Meeting), pertemuan antara kedua Menhan (Indonesia-Australia Defense Strategic Dialogue), High Level Committee (HLC) sampai dengan kerjasama teknis bidang pertahanan antara lain patroli bersama Angkatan Laut kedua negara, pendidikan, latihan bersama, dan logistik. Ke depan, kedua Menhan sepakat untuk meningkatkan kerjasama teknis, antara lain di bidang cyber defence dan pertukaran informasi tentang komponen cadangan.

Indonesia dan Australia juga aktif melakukan pertukaran informasi tentang modernisasi militer, pengembangan industri pertahanan dan perumusan kebijakan strategis. Indonesia dan Australia sangat aktif dalam kerjasama trilateral (Indonesia–Australia–Timor  Leste). Ke depan, kerjasama trilateral akan dikembangkan antara Indonesia–Australia–India dan Indonesia–Australia–Amerika Serikat.  Kedua negara juga aktif dalam kerjasama multilateral (ADMM Plus). Menhan Purnomo Yusgiantoro mendukung Australia dan Singapura yang akan bertindak sebagai co-host untuk Working Group on Combating Terrorism Exercise.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia