n Plan 2015 Kemhan – US DIRI Upaya Peningkatan Sistem Pertahanan

Rabu, 7 Januari 2015

Kementerian Pertahanan dalam hal ini Ditjen Strahan, Renhan dan Pothan Kemhan pada Tahun 2015 akan melaksanakan delapan kegiatan bersama dengan Defense Institution Reform Initiative (DIRI). Hal itu dikuatkan dengan penandatangan Action Plan 2015 yang disaksikan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Letjen TNI R Ediwan Prabowo dan Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Kristen F Bauer, Rabu (7/1) di Kantor Kemhan, Jakarta.

Action Plan Tahun 2015 ini memperluas cakupan program DIRI secara kelembagaan maupun secara substanstif. Selain Ditjen Renhan, Action Plan DIRI 2015 melibatkan Ditjen Strahan, Pothan, satuan kerja unit organisasi TNI dan Angkatan. Penandatanganan Action Plan 2015 diharapkan mempererat kerjasama antara kedua negara dibidang pertahanan dalam rangka peningkatan Confidence Building Measures dan peningkatan sistem pertahanan di Indonesia.

Program kerjasama dengan DIRI merupakan bagian dari kerjasama antara Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan Kementerian Pertahanan Indonesia. DIRI melaksanakan upaya penguatan institusi pertahanan di Indonesia termasuk Mabes TNI dan Mabes Angkatan. Staf dari DIRI terhitung 8 kali berkunjung ke Jakarta, bekerja bersama dengan staf Kemhan, Mabes TNI dan Mabes Angkatan.

Kemhan dan TNI telah mengadopsi sebagian dari International Best Practises di bidang sumber daya pertahanan, dan terus berusaha untuk memperbaiki proses manajemen sumber daya pertahanannya. US DIRI akan terus melanjutkan pertemuan dengan para pejabat dan staf perencanaan Kemhan dalam upaya peningkatan kapabilitas TNI. Bagi DIRI, bekerja di Indonesia adalah komitmen jangka panjang antara Dephan AS dengan Kemhan RI sebagai hasil nyata dari kemitraan komprehensif yang sedang berlangsung antara Pemerintah AS dengan Pemerintah RI.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia