Menhan RI dan Menhan Singapura Hasilkan Empat Inisiatif Baru

Selasa, 3 Februari 2015

Pernyataan Pers Bersama dari Dr Ng Eng Hen, Menteri Pertahanan Republik Singapura, dan Jend. (Purn) Ryamizard Ryacudu, Menteri Pertahanan Republik Indonesia

Menteri Pertahanan Indonesia, Jend (Purn) Ryamizard Ryacudu, mengunjungi Singapura dari 28-30 Januari 2015. Selama kunjungannya, Menhan RI bertemu Menteri Pertahanan Singapura Dr Ng Eng Hen dan membahas cara-cara untuk memperkuat hubungan pertahanan antara Singapura dan Indonesia.

Jend (Purn) Ryamizard dan Dr Ng menegaskan pentingnya kerjasama  dan persahabatan yang telah berlangsung lama antara kedua Angkatan Bersenjata. Ketiga matra baik angkatan darat, angkatan udara dan angkatan laut, baik dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) maupun Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) telah memiliki keterlibatan substantif dan mengadakan latihan bersama.

Kedua Menteri Pertahanan menyatakan keinginan untuk lebih memperkuat hubungan pertahanan bilateral. Empat inisiatif baru yang disepakati adalah:

Pertama, untuk meningkatkan kolaborasi dan kerja sama praktis melalui hubungan yang ada antara kedua Angkatan Bersenjata di masalah keamanan umum, seperti keamanan maritim dan anti perompakan, kontra-terorisme, dan bantuan kemanusiaan serta penanganan bencana (HADR).

Kedua, untuk meningkatkan interaksi bilateral antara pejabat di Kementerian Pertahanan dan militer melalui pelatihan bersama dan partisipasi kursus di lembaga masing-masing.

Ketiga, untuk melakukan dialog reguler antara pejabat senior di Kementerian Pertahanan tentang isu-isu regional dan strategis untuk kepentingan bersama kedua negara.

Keempat, untuk mengeksplorasi langkah-langkah baru yang diambil pada interaksi antar militer yang telah membawa banyak manfaat bagi kedua TNI dan SAF.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia