Indonesia dan Malaysia Sepakat untuk Meningkatkan Kerjasama Pertahanan

Senin, 2 Maret 2015

Kesepakatan tersebut tercapai setelah dilakukan pembicaraan bilateral antara Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal TNI Purn. Ryamizard Ryacudu  dengan Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein, bersamaan kunjungan perkenalan (introductory visit)  Menhan RI ke Kuala Lumpur, Malaysia mulai tanggal 25 – 27 Februari 2015.

Beberapa pointers kerjasama yang dibicarakan kedua belah pihak diantaranya adalah peningkatan kerjasama Patroli Laut di Selat Malaka; gagasan latihan bersama (Indonesia, Malaysia, Brunei dan Filipina) di  Laut Sulu. Bentuk kerjasama lainnya adalah kerjasama pertukaran informasi/intelijen untuk mengatasi ancaman terorisme; koordinasi perbatasan dan kerjasama penanganan ancaman bencana alam.

Dalam kunjungan tersebut, Menhan RI juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Malaysia, Y.A.B. Dato Sri Mohd Najib Tun Razak disamping kunjungan ke Perusahaan Aerospace Malaysia, Zetro Subang di Kuala Lumpur sebagai salah satu Industri Pertahanan Strategis Malaysia. Turut mendampingi Menhan RI antara lain Dirjen Strategi Pertahanan Kemhan Mayjen TNI Yoedhi Swastanto; Karo TU Setjen Kemhan, Brigjen TNI Ida Bagus dan Athan RI di Malaysia.

Keseluruhan pertemuan berlangsung dengan lancar dan produktif serta penuh keakraban dan persahabatan. Menhan RI juga berkesempatan untuk menyampaikan mengenai strategi pertahanan RI sejalan dengan visi Presiden RI guna memperkuat poros maritim Indonesia serta upaya untuk menghadapi persepsi ancaman nyata di kawasan antara lain: masalah terorisme, keamanan maritim, bencana alam, ancaman cyber, pencurian kekayaan alam dan  penyebaran wabah penyakit.

Selain itu, Menhan RI mengucapkan terima kasih atas bantuan Malaysia dalam proses pencarian pesawat Air Asia.

Melalui kunjungan ini diharapkan kerjasama pertahanan yang terjalin selama ini antara kedua negara dapat terus ditingkatkan.

Demikian Siaran Pers Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan RI.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia