Menhan Inspeksi Satuan Pemeliharaan Pesawat Hercules TNI AU

Jumat, 28 Agustus 2015

101215Bandung, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu melakukan kunjungan kerja ke Satuan Pemeliharaan (Sathar) 15 Pangkalan Udara (Lanud) Husein Sastranegara TNI Angkatan Udara di Bandung dalam rangka inspeksi dan meninjau secara langsung fasilitas pemeliharaan pesawat Hercules C 130 TNI AU, Kamis (27/8).

Dalam kunjungan ini Menhan menegaskan bahwa pemeliharaan dan perawatan Alutsista TNI terlebih pesawat menjadi prioritas utama. “Saya akan inspeksi sesuai dengan perintah Bapak Presiden seluruh Alutsista terutama pesawat. Jadi beliau (Presiden) tidak mau ada lagi kecelakaan-kecelakaan. Pemeliharaan dan perawatan harus menjadi prioritas utama,” jelasnya.

Untuk itu, Menhan meminta agar jajaran TNI khususnya TNI AU untuk tidak setengah-setengah dalam pemeliharaan Alutsista, kondisinya harus benar-benar dipastikan sudah bagus. “Saya sampaikan agar betul-betul teliti, tidak terlalu cepat tidak apa-apa, tetapi pasti bagus”, jelasnya.

Sathar 15 merupakan satuan pemeliharaan dan perbaikan tingkat berat dibawah Depo Pemeliharaan (Depohar) 10 Komando Pemeliharaan Materiil TNI AU (Koharmatau) yang melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan tingkat berat terhadap pesawat C-130 Hercules.

Sathar 15 memiliki hanggar berstandar Internasional dengan perlengkapan yang sudah sesuai dengan standardisasi Keselamatan Terbang dan Kerja (Lambangja) dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan alutsista, yakni pesawat jenis Hercules.

Turut mendampingi Menhan dalam peninjauan ini beberapa pejabat di jajaran Kemhan antara lain Irjen Kemhan Marsdya TNI Ismono Wijayanto, Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI M Syaugi dan Kabaranahan Kemhan Laksda TNI Leonardi. Peninjauan ini dilaksanakan usai menghadiri kegiatan Panen Raya Ketahanan Pangan Kelompok Tani Medalwangi di Desa Mandalsari, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung.

Saat peninjauan ini, Menhan dan rombongan disambut oleh Dankoharmatau Marsma TNI Robert S M, Komandan Depo Pemeliharaan 10 Koharmatau Kolonel Tek Bambang Triono dan Komandan Sathar 15 Depohar 10 Koharmatau serta jajarannya.

 

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia