Menhan Tinjau Kesiapan Alutsista Skuadron Udara 1 Lanud Supadio di Pontianak

Jumat, 18 September 2015

101215Pontianak,  Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu didampingi beberapa pejabat Eselon I Kementerian Pertahanan mengunjungi Pangkalan Udara (Lanud) Supadio, Selasa (15/9) di Pontianak, Kalimantan Barat. Kunjungan singkat ini dilaksanakan oleh Menhan disela-sela sebelum melaksanakan rangkaian kunjungan kerjanya ke Pulau Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Kunjungan Menhan ke Lanud Supadio ini dalam rangka meninjau dan mengecek sejauh mana kesiapan sarana dan prasarana serta Alutsista TNI AU khususnya di Skuadron Udara 1 Ellang Katulistiwa.

Tiba di Lanud Supadio, Menhan dan rombongan disambut oleh Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Toto Rinanto dan Danlanud Supadio Marsma TNI Tatang  Harlyansyah  dan beberapa jajaran Lanud Supadio.

Dalam peninjauan ini, Menhan mendapatkan pemaparan dari Danlanud mengenai kondisi terkini kesiapan Alutsista di jajaran Skuadron 1 serta sarana pendukung lainnya di Lanud Supadio dalam mendukung tugas operasinya yaitu melaksanakan pertahanan udara di wilayah Kalimantan khususnya wilayah perbatasan.

Skuadron Udara 1 Elang Katulistiwa  dilengkapi dengan 18 pesawat tempur Hawk 100/200 yang tugasnya mencakup menjaga wilayah udara di perbatasan Kalimantan Barat dan kawasan seputar Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) serta wilayah Kepulauan Natuna yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan.

Turut mendampingi Menhan dalam kunjungan ini beberapa pejabat di lingkungan Kemhan antara lain Irjen Kemhan Marsdya TNI Ismono Wijayanto, Dirjen Renhan Kemhan Marsda TNI M Saugi dan Kabaranahan Kemhan Laksda TNI Ir. Leonardi.

Sumber : DMC




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia