Rapim Kemhan II : Menhan Sampaikan Refleksi Pertahanan Negara 2015 Sebagai Proyeksi 2016

Selasa, 12 Januari 2016

772380120116-Rapim-Kemhan-IIJakarta, DMC Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dengan didampingi Panglima TNI, Kasad, Kasal, dan Kasau memimpin Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan (Rapim Kemhan) Tahun 2016, Selasa (12/01), di Kantor Kemhan, Jakarta.  Adapun tujuan diselenggarakannya Rapim Kemhan untuk menyampaikan kebijakan pertahanan yang akan menjadi pedoman untuk dijabarkan oleh Kemhan, TNI dan jajarannya, instansi-instansi terkait sesuai tugas dan fungsinya.

Dalam sambutan pembukanya Menhan menyatakan bahwa refleksi pertahanan negara tahun 2015 menjadi gambaran sejauh mana langkah pembangunan pertahanan Negara telah terlaksana, sehingga dapat dijadikan pijakan untuk dituangkan dalam proyeksi tahun 2016. Penyelenggaraan Rapat Pimpinan ini sangat tepat dilaksanakan pada awal periode Kebijakan Umum Pertahanan Negara yang baru, seperti tertuang dalam  Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2015 tentang Kebijakan Umum Pertahanan Negara Tahun 2015-2019.

Untuk itu melalui rapat ini Menhan berharap, dapat mengkoordinasikan kesiapan dan bersinergi dengan segenap pemangku kepentingan pertahanan negara dalam menjalankan Kebijakan Umum Pertahanan Negara tersebut ditandai dengan penetapan Kebijakan Penyelenggaraan Pertahanan Negara yang telah diterbitkan oleh Menhan.

Sementara itu Panglima TNI dalam sambutannya mengungkapkan bahwa ditengah dinamika dan kompleksitas tugas TNI kedepan, perlu adanya pemikiran yang sederhana namun menyentuh dan berpengaruh nyata terhadap percepatan pembangunan TNI untuk hari esok yang lebih baik sehingga TNI dapat melakukan tugas terbaiknya bagi NKRI. Untuk itu perlu adanya prioritas pembangunan sarana dan prasarana bagi kegiatan prajurit TNI di perbatasan dan pulau terluar seperti di pulau Kisar yang berbatasan dengan Australia dan Timor Leste dengan disertai peningkatan kesejahteraan bagi prajurit TNI yang berdinas di wilayah perbatasan dan pulau terluar.

Rapim Kemhan 2016 ini mengusung tema “Meningkatkan Sistem Pertahanan Negara Yang Berkelanjutan Didukung Oleh Kemandirian Industri Pertahanan dan Semangat Bela Negara Guna Terwujudnya Pertahanan Negara Yang Tangguh”. Rapim dihadiri seluruh pejabat eselon I dan II di jajaran Kemhan serta beberapa pejabat Mabes TNI, Mabes Angkatan dan Staf KKIP.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia