Masyarakat Timor Leste Sambut Antusias Misi Pelayanan Kesehatan Indonesia

Minggu, 31 Januari 2016

868163menteri-xanana-gumao-tinjau-misi-pelayanan-kesehatanDili, Timor Leste, DMC – Misi Pelayanan Kesehatan Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggunakan Rumah Sakit Terapung TNI AL KRI dr. Soeharso-990 di Republik Demokratik Timor Leste mendapatkan sambutan positif dari masyarakat setempat.

Hal tersebut terlihat dari besarnya animo masyarakat Timor Leste yang datang guna memeriksanan kondisi kesehatan mereka ke tempat Pelayanan Kesehatan yang digelar di Pelabuhan Dili, Timor Leste tanggal 30 Januari sampai dengan besok 1 Februari 2016.

Pada hari ke-dua dari tiga hari pelaksanaan Misi Pelayanan Kesehatan Indonesia di Timor Leste, sebanyak lebih dari 1000 pasien telah datang melakukan pemeriksaan dan berobat. Sedangkan pada hari pertama kemarin, lebih dari 500 pasien telah dilayani.  Bisa diperkirakan hingga hari ketiga pada penutupan besok, jumlah pasien yang datang akan bertambah, sehingga total pasien yang dilayani akan melebihi dari target awal yang telah ditetapkan yaitu sebanyak 2000 pasien.

Melihat dari antusias dan besarnya animo masyarakat Timor Leste yang datang untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatannya pada kegiatan Misi Pelayanan Kesehatan Indonesia  di Timor Leste tersebut menunjukan bahwa bantuan pelayanan kesehatan serupa saat ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Timor Leste.

Peninjauan Oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Xanana Gusmao

Kegiatan Misi Pelayanan Kesehatan Indonesia yang rencananya akan ditutup besok, Senin (1/2) oleh Menhan RI Ryamizrad Ryacudu tersebut, mendapatkan peninjauan langsung dari sejumlah Menteri di Pemerintahan RDTL, diantaranya  Menteri Perencanaan Strategis Pembangunan RDTL Xanana Gusmao dan Menteri Pertahanan RDTL Cirilo Cristovao.

Peninjauan Menteri Perencanaan Strategis Pembangunan Nasional Timor Leste Xanana Gusmao pada kegiatan Misi Pelayanan Kesehatan Indonesia tersebut terasa sangat spesial. Orang yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Timor Leste tersebut menyempatkan diri untuk datang dua kali melakukan peninjauan, pada hari pertama dan hari kedua.

Pada hari pertama, Xanana Gusmao melakukan peninjauan di Rumah Sakit Lapangan dan mennyapa sejumlah masyarakat Timor Leste yang sedang menunggu antrian pemeriksaan dari dokter. Dengan didampingi Direktur Jenderal Kekuatan Pertahanan (Dirjen Kuathan) Kemhan RI Laksda TNI Agus Purwoto, Menteri Perencanaan Strategis Pembangunan RDTL Xanana Gusmao berkeliling meninjau Rumah Sakit Lapangan yang digelar pada misi ini diantaranya Pelayanan Poli Umum dan Poli Gigi.

Sedangkan pada hari kedua, Xanana Gusmao berkesempatan melakukan peninjauan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Terapung TNI AL KRI dr. Soeaharso  yang diaawali dengan peninjauan ke pelayanan di Ruang Perawatan, Poli Mata, Poli Gigi, Ruang Labolatorium dan Ruang Bedah.

Sementera itu, Menhan RDTL berkesempatan melakukan peninjau kegiatan Misi Pelayanan Kesehatan Indonesia pada hari pertama kemarin, Sabtu (30/1) (BDI/SAP/RAP)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia