Kemhan Tandatangani Kesepakatan Bersama Dengan 20 Ormas Dalam Pembinaan Kesadaran Bela Negara

Jumat, 12 Februari 2016

Kementerian Pertahanan dalam upaya melibatkan seluruh komponen masyarakat pada pelaksanaan Pembinaan Kesadaran Bela Negara, Jumat (12/2) melaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan 20 organisasi kemasyarakatan di Kantor Kemhan, Jakarta. Penandatangan ini dilaksanakan oleh Dirjen Potensi Pertahanan Dr Timbul Siahaan dengan Ketua Umum dan Pimpinan 20 organisasi kemasyarakatan disaksikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Kesadaran akan hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pembinaan kesadaran bela negara. Hakekat bela negara menurut Undang-Undang adalah pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara untuk membentuk kekuatan pertahanan negara dalam rangka menegakkan kedaulatan negara. Sedangkan Pembinaan Kesadaran Bela Negara dimaksudkan untuk membangun karakter bangsa yang memiliki jiwa nasionalisme, patriotisme serta ketahanan nasional yang tangguh demi menghadapi ancaman nyata dan tidak nyata yang mengancam kedaulatan bangsa.

Pembinaan Kesadaran Bela Negara yang merupakan upaya membangun karakter Bangsa Indonesia, yang dalam pelaksanaannya diperlukan upaya yang terpadu dan melibatkan seluruh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah serta segenap komponen bangsa yang lainnya termasuk peran serta organisasi kemasyarakatan serta para tokoh adat dan tokoh agama.

Organisasi kemasyarakatan tersebut adalah; Dharma Wanita Persatuan, Komite Nasional Pemuda Indonesia, BP Silaturahmi Nasional Raja-Sultan Nusantara Indonesia, Senkom Mitra Polri, Laskar Merah Putih, Ikatan Kebangsaan dan Bela Negara RI, Lembaga Indonesia Cerdas, Barisan Patriot Bela Negara, Bandung Karate Club, Garda Tipikor, Silat Sunda Institute, Paguyuban Sundawani Wirabuana, Bumi Dega Sunda Academy, LSM PKBI Indramayu, Indonesia Genetic Working Group, Bikers Brotherhood MC Indonesia, Persatuan Seniman Komedi Indonesia, Media Jurnal

Patroli News, Ikatan Pesantren Indonesia, Rumah Cinta Bela Negara.

Penandatangan Kesepakatan Bersama antara Kemhan dan 20 Ormas tentang pelaksanaan Pembinaan Kesadaran Bela Negara ini dihadiri oleh Irjen Kemhan, Rektor UNHAN, Pejabat Eselon I dan II Kemhan serta perwakilan masing-masing ormas.

Demikian Siaran Pers Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia