Masyarakat Sulawesi Selatan Deklarasikan Dukungan Terhadap Gerakan Bela Negara

Minggu, 21 Februari 2016

tmp_9646-41674deklarasi-dukungan-sulsel-terhadap-bela-negara-336965144Makasar, DMC – Seluruh elemen masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan mendukungnya terhadap Program Gerakan Bela Negara yang dicanangkan oleh Kementerian Pertahanan. Dukungan tersebut diwujudkan dalam Deklarasi Bersama yang diucapkan oleh segenap elemen masyarakat yang terdiri dari pemuda, tokoh agama, tokoh perempuan, komunitas Tionghoa dan komponen masyarakat Sulsel lainnya.

Deklarasi ini disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Minggu (21/2) di sela-sela acara Dialog Kebangsaan dengan tema “Bela Negara” di Makassar, Sulawesi Selatan.

Usai pengucapan deklarasi yang dipandu Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel, selanjutnya teks deklarasi tersebut disampaikan kepada Menhan. Sejumlah elemen masyarakat yang hadir dalam deklarasi antara lain dari KNPI, Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sulsel, Forum Gerakan Bela Negara Sulsel, Pemuda Islam, AMPI serta sejumlah organisasi kemasyarakatan dan keagamaan lainnya di wilayah Sulsel.

Isi dari teks deklarasi tersebut antara lain sebagai berikut; “Bela Negara adalah sikap dan prilaku bagi setiap warga negara, yang dijiwai oleh rasa cinta tanah air untuk mempertahankan keutuhan NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Gerakan Bela negara bertujuan meningkatkan wawasan kebangsaan, jiwa patriotisme dan rasa cinta tanah air, menangkal terjadinya segala bentuk kejahatan, terorisme dan separatis serta mewujudkan stabilitas nasional untuk menjamin kelancaran penyelenggaran pemerintah dan pelaksanaan pembangunan nasional. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, maka dengan rahmat Tuhan YME kami segenap pemuda, tokoh agama, tokoh perempuan dan komunitas Tionghoa dan komponen masyarakat Sulawesi Selatan menyampaikan dukungan terhadap Gerakan Bela Negara dan Program Pemerintah Presiden dan Wakil Presiden Bapak Joko Widodo dan Muhammad Jusuf Kalla”.

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia