Menhan: Perkuat Persatuan Bangsa Dengan Terus Memperkecil Perbedaan dan Perbesar Persamaan

Minggu, 28 Februari 2016

Cianjurtmp_5030-860881menhan-hadiri-apel-akbar-barisan-patriot-bela-negara-1572713306, DMC – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan bahwa dalam rangka terus menjaga dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa demi tetap utuh dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka seluruh komponen bangsa Indonesia harus dapat terus memperkecil semua perbedaan dan perbesar persamaan.

“Yang penting adalah perkecil semua perbedaan dan perbesar persamaan. Karena setiap manusia pasti ada perbedaan. Jadi kalau perbedaan itu diperbesar terus, cerai dan rusak negara. Untuk itu, perkecil perbedaan itu dan perbesar persamaan”, ungkap Menhan saat menghadiri dan memberikan pembekalan kepada peserta Apel Akbar Barisan Patriot Bela Negara, Minggu (28/2) di Cianjur, Jawa Barat.

Lebih lanjut Menhan mengatakan, dalam menghadapi globalisasi dan pengaruh paham radikalisme, maka seluruh bangsa perlu mengedepankan kesemestaan, yang artinya adalah kebersamaan dan keterlibatan seluruh komponen bangsa baik instansi-instansi pemerintah, swasta maupun elemen sipil lainnya untuk bahu membahu bersatu sehingga perbedaan yang ada menjadi tidak terlihat lagi.

Semangat patriotime sebagai karakter anak bangsa yang berani pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negaranya juga harus terus ditumbuhkan. Karena dengan berbekal semangat patriotisme itu, semua bangsa Indonesia dapat bersama-sama menjaga keutuhan NKRI.

Selain itu, Menhan juga mengingatkan akan pentingnya kesadaran berbangsa dan bernegara sebagai modal kekuatan bangsa, guna menjaga tetap utuh dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjamin keselamatan bangsa dari berbagai tantangan dan ancaman.

Selain Menhan, hadir pula Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan memberikan pembekalan pada Apel Akbar ini. Apel Akbar diikuti segenap Anggota Barisan Patriot Bela Negara dan juga Anggota Gerakan Pramuka. (BDI)

 




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia