Sekjen Kemhan Melepas Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pancasila

Jumat, 8 April 2016

tmp_5057-979624MAW-81691013

Jakarta Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan, Laksdya TNI Widodo, Jumat (8/4) melepas peserta yang akan mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Pancasila di Lapangan Setjen Kemhan, Jakarta. Pelepasan dilaksanakan melalui upacara penyematan tanda peserta dan pemakaian baju Dokter Pancasila oleh Sekjen Kemhan kepada perwakilan peserta.

Pelatihan Kepemimpinan Pancasila ini diselenggarakan hasil kerjasama Kementerian Pertahanan dengan Mahkamah Konstitusi dan Klinik Pancasila. Sekitar 150 peserta yang berasal dari siswa-siswi pengurus OSIS sekolah SMA Negeri se-DKI Jakarta akan mengikuti pelatihan kepemimpinan Pancasila selama tiga hari di Cisarua, Bogor. Selama pelatihan para peserta akan diberikan pelajaran mengenai nilai-nilai bela negara dan kepemimpinan Pancasila.

Pada kesempatan pelepasan tersebut Menteri Pertahanan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekjen Kemhan, mengatakan kegiatan ini suatu upaya bersama untuk menumbuhkan semangat bela negara dikalangan generasi bangsa dari waktu ke waktu. Hal ini berguna untuk menjawab tantangan jaman yang sangat dinamis.

“Kegiatan pelatihan kepemimpinan Pancasila merupakan wahana strategis untuk menumbuh kembangkan kemampuan dan kompetensi anak bangsa untuk merespon tantangan kekinian yang sarat dimensi Proxy War atau ancaman tidak terlihat,” ungkap Sekjen.

Kegiatan penumbuhan semangat bela negara melalui pelatihan kepemimpinan Pancasila bagi pengurus OSIS SMA Negeri se-DKI Jakarta, adalah langkah maju untuk menyiapkan calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasilais, rela berkorban, dan memiliki semangat tinggi untuk mengamalkan Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa. Menhan juga berharap kepada peserta untuk menjadikan pelatihan ini sebagai sarana untuk saling memperkuat kerjasama diantara sesama anak bangsa.

Didalam peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini terlihat sedikit menarik, karena selain siswa-siswa pengurus OSIS SMA yang menjadi peserta, penyanyi dangdut Zaskia Gotik juga ikut hadir dalam barisan peserta. Kehadiran Zaskia Gotik selaku Duta Pancasila pada acara tersebut juga sebagai peserta dari Pelatihan Kepemimpinan Pancasila yang merupakan atas keinginannya sendiri. Tujuan dari kehadiran Zaskia Gotik sebagai publik figur yang mengikuti kegiatan ini dinilai untuk menarik simpati masyarakat dalam kegiatan bela negara. (MAW/JLY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia