Menhan Resmikan Menwa, Kader Bela Negara dan Gedung Penunjang UNHAN

Jumat, 15 April 2016

tmp_3803-209740menwa-439402322

Jakarta Setelah menghadiri prosesi wisuda UNHAN angkatan ke-7 TA. 2016, pada hari yang sama Menhan Ryamizard Ryacudu dengan didamping Sekjen Kemhan Laksdya TNI Widodo, S.E., M.Sc, Irjen Kemhan Marsdya TNI Ismono Wijayanto dan Rektor UNHAN Letjen TNI Dr (Cand) I. Wayan Midhio, M.Phil meresmikan resimen mahasiswa (menwa) UNHAN sekaligus mengukuhkan kader bela negara, Jumat (14/4), di UNHAN Sentul, Bogor.

Menhan Ryamizard Ryacudu selaku Inspektur Upacara (Irup), memasangkan baret kepada perwakilan menwa yang menandai telah resminya menwa dan kader bela negara UNHAN. Selain meresmikan menwa dan kader bela negara UNHAN, Menhan juga berkesempatan untuk meresmikan dining room, recreation hall, guest hall dan pool bus yang berada di kompleks UNHAN tmp_3803-973869ttd-prasasti-250284705.

Dihadapan para menwa dan kader bela negara UNHAN, Menhan menyampaikan bahwa menwa UNHAN hendaknya menjadi tempat bertanya masyarakat tentang pertahanan Negara karena mahasiswa UNHAN bernaung dan belajar dibawah bendera Universitas Pertahanan. Hal ini harus melekat di benak mahasiswa UNHAN yang mahasiswanya terdiri dari berbagai profesi seperti TNI, Polri, PNS, profesional dan masyarakat umum lainnya.

Menhan juga menekankan kepada menwa UNHAN untuk selalu menjiwai nilai-nilai dan semangat Pancasila yang semua silanya merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Saat ini di dunia terdapat lima ideologi besar yaitu liberal atau kapitalis, sosialis, komunis, radikalisme dan Pancasila. Selain Pancasila, keempat ideologi tersebut merupakan faham atau ideologi materialism yang bersifat materi. Untuk itu Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia hendaknya selalu mengisi jiwa dan pikiran kita semua untuk menangkal ideologi atau faham lain yang dapat mempengaruhi kita. Ujung tombak dari pertahanan negara adalah personel atau lembaga Kemhan/ UNHAN.

Sementara itu dalam laporannya, Rektor UNHAN menyampaikan bahwa pembangunan fisik guest hall, dining room (ruang makan), recreation hall (ruang rekreasi) dan pool bus dimulai tahun 2014 dan semua fasilitas telah terselesaikan pada tahun 2015. Dengan telah diresmikannya beberapa gedung penunjang di komplek UNHAN diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan para mahasiswa. (ERA/RAF)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia