Semangat Kebersamaan Jadi Tujuan Utama POR Kemhan 2016

Senin, 16 Mei 2016

pembukaan por-okJakarta Semangat kebersamaan harus tetap menjadi tujuan utama dalam POR Kemhan Tahun 2016 ini di samping semangat sportifitas dan kejujuran. Karena kebersamaan yang terjalin melalui pertandingan olah raga diharapkan dapat memberikan dampak yang positif terhadap soliditas personel dalam pelaksanaan tugas-tugas Kemhan.

Demikian ditekankan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksdya TNI Widodo, Senin (16/5) dalam amanat Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu yang dibacakannya saat membuka secara resmi Pekan Olah Raga Kementerian Pertahanan Tahun 2016 di Lapangan Apel Setjen Kemhan, Jakarta.

POR Kemhan yang merupakan kegiatan tahunan ini, pada tahun 2016 ini mengangkat tema “Melalui POR Kemhan Tahun 2016 Kita Tingkatkan Semangat Kebersamaan, Sportifitas dan Silaturahmi Pegawai Guna Terwujudnya Soliditas dalam Pelaksanaan Tugas Kemhan”. Dalam POR Kemhan yang diikuti oleh 12 Satuan Kerja di lingkungan Kemhan kali ini mempertandingkan delapan cabang olah raga yaitu senam poco-poco nusantara, bola voli, bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, catur, futsal dan PBB.

Dalam amanat Menhan RI juga ditegaskan bahwa POR Kemhan adalah salah satu wahana pembinaan personel dan pembinaan satuan. Ajang olah raga ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani pegawai Kemhan sekaligus untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan serta semangat kebersamaan, dan jiwa korsa antar satuan kerja di lingkungan Kemhan.

Banyak hal yang dapat dipelajari dari pekan olah raga seperti ini diantaranya adalah jiwa juang dan semangat tak kenal menyerah yang didukung sportifitas menjadi modal utama untuk menjadi pribadi-pribadi yang unggul. Namun, pribadi-pribadi yang unggul tidak akan memenangkan pertandingan jika tidak dibarengi dengan semangat kebersamaan. Memenangkan sebuah pertandingan di luar nilai-nilai sportifitas akan membuat menjadi manusia yang tidak berintegritas.

Menhan RI dalam amanatnya mengharapkan bahwa esensi semangat bertanding ini ditunjukkan selama POR Kemhan kali ini sehingga pada akhirnya dapat membentuk pegawai Kemhan yang tangguh dan tidak mudah menyerah. Hal ini akan berdampak pada semakin optimalnya kinerja Kemhan dalam menjalankan tugas-tugas pertahanan negara di tengah perkembangan lingkungan strategis yang semakin dinamis.

Dalam upacara pembukaan POR Kemhan ini diserahkan piala bergilir Menteri Pertahanan dari Sekjen Kemhan kepada Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemhan selaku ketua panitia. Dan upacara pembukaan diakhiri dengan lomba senam poco-poco nusantara yang diikuti oleh 12 satuan kerja Kemhan. Lomba senam poco-poco nusantara yang disaksikan langsung oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dan Ny Nora Ryamizard serta jajaran pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemhan serta Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kemhan ini dimenangkan oleh tim senam Ditjen Renhan sebagai pemenang juara pertama, tim Balitbang Kemhan sebagai juara kedua, dan tim Badiklat Kemhan sebagai juara ketiga. Selanjutnya menjadi juara harapan satu adalah tim senam dari Setjen Kemhan, juara harapan dua dari tim Baranahan Kemhan dan juara harapan tiga dari tim pusat gabungan. Menjadi juara favorit pada lomba senam poco-poco nusantara ini adalah tim senam dari Ditjen Strahan Kemhan, kategori ini didasarkan pada sambutan penonton saat perlombaan. (DAS/SGY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia