Kunjungan National Defence College of Philiphines Tingkatkan Kerjasama RI-Philipna

Kamis, 19 Mei 2016

tmp_5183-853148190516-Kunker-Lemhanas-Philipina-ke-Strahan-1-1387468066

Jakarta Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Ditjen Strahan) Kementerian Pertahanan menerima kunjungan delegasi National Defence College of Philiphines (NDCP) di kantor Kemhan Jakarta, Kamis (19/5). Sebelumnya pada hari dan tempat yang sama perwakilan delegasi yang dipimpin BG (Ret) Fermin R De Leon Jr, Phd selaku Head of Delegation National Defence College of Philiphines (NDCP) melakukan pembicaraan dengan Dirjen Strahan Mayjen TNI Yoedhi Swastanto, M.B.A.

Dirjen Strahan mengungkapkan kunjungan ini sangat penting, selain untuk meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan dan pelatihan antara Indonesia dan Philipina, juga untuk meningkatkan kerjasama kedua Angkatan Bersenjata. Kedua Negara sejak lama telah menjalin kerjasama di bidang pendidikan dan pelatihan. Sejak tahun 1967 hingga Mei 2016 ini, tercatat sejumlah 165 personel TNI telah melanjutkan pendidikan dan pelatihan di Philipina. Sedangkan dari AB Philipina terdapat 95 orang menjalani pendidikan di Indonesia.

Terkait kerjasama kedua angkatan bersenjata, saat ini sedang diupayakan untuk dilaksanakan patroli bersama three countries antara Indonesia, Philipina dan Malaysia. Patroli bersama ini dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan regional termasuk mencegah terulangnya pembajakan oleh teroris Abu Sayyaf dan mempersempit ruang gerak teroris.

Dalam kesempatan tersebut tidak lupa Dirjen Strahan atas nama pemerintah Indonesia dan Kementerian Pertahanan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah Philipina khususnya The Armed Forces of the Philipines (AFP) dalam pembebasan 14 (empat belas) WNI yang disandera teroris Abu Sayyaf di Philipina Selatan.

Setelah melakukan kunjungan ke Kemhan, pada hari yang sama delegasi NDCP dijadwalkan akan mengunjungi Lemhannas dan Universitas Pertahanan Indonesia untuk berbagi informasi (sharing information) dan exploratory talks. Rangkaian kegiatan ditutup dengan kunjungan ke Akademi Angkatan Laut dan PT PAL di Surabaya tanggal 20 Mei 2016 besok. Melalui kunjungan ini diharapkan perwira siswa NDCP dapat mengambil hal-hal positif dan meningkatkan pengetahuan tentang pendidikan dan industri pertahanan Indonesia. (ERA/ACP)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia