Sekjen Kemhan Terima Kunjungan Kehormatan Wamenhan Jepang

Kamis, 4 Agustus 2016

tmp_3890-513661sekjen-wamenhan-jepang1256762795Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksdya TNI Widodo sangat mendukung usulan Jepang untuk mengangkat tema capacity building dalam pertemuan ADMM Plus yang akan diselenggarakan di Jepang pada Bulan November mendatang. Dalam kondisi saat ini peningkatan capacity building antara negara-negara Asean plus terasa sangat dibutuhkan dalam menjaga stabilitas wilayah regional.

Demikian dikatakan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksdya TNI Widodo saat menerima kunjungan kehormatan Wakil Menteri Pertahanan Jepang Mr Ro Manabe, Kamis (4/8) di Kantor Kemhan, Jakarta. Kunjungannya kali ini adalah dalam upaya peningkatan kerjasama pertahanan kedua negara dan mengundang Sekjen Kemhan hadir dalam pertemuan setingkat Wakil Menteri Pertahanan negara-negara Asean Plus yang akan dilaksanakan pada bulan September di Jepang sebagai pertemuan awal sebelum ADMM Plus pada bulan November.

Wamenhan Jepang juga mengucapkan terimakasih atas dukungan Indonesia sehingga Jepang dapat menjadi tuan rumah pertemuan ADMM Plus pada bulan November mendatang. Sebelumnya, pada bulan September akan diadakan pertemuan setingkat Wakil Menhan antara Jepang dengan negara-negara Asean (ADSOM) dan Wamenhan Jepang mengharapkan kehadiran Sekjen Kemhan untuk menghadirinya. Pertemuan ini dimaksudkan sebagai pertemuan awal persiapan sebelum pertemuan ADMM Plus.

Sekjen Kemhan menjelaskan bahwa dalam rangkaian pertemuan ADMM Plus memang selalu didahului oleh pertemuan ADSOM yaitu pertemuan setingkat Sekjen dan Wakil Menhan negara-negara Asean plus. Sekjen Kemhan mengapresiasi jika pertemuan ADSOM tahun ini digunakan sebagai pertemuan persiapan sebelum ADMM Plus.

Sekjen Kemhan menjelaskan bahwa hubungan kerjasama pertahanan kedua negara sudah berjalan sangat baik, terutama di bidang pendidikan yaitu saling tukar perwira untuk mengikuti pendidikan sekolah komando dan Lemhannas. Jepang juga selalu berperan serta dalam kegiatan Sail dan latihan bersama di Indonesia yang menunjukkan betapa kuatnya hubungan kerjasama pertahanan kedua negara. Sekjen Kemhan Laksdya TNI Widodo berharap kerjasama pertahanan di bidang pendidikan dan bidang-bidang lainnya dapat semakin ditingkatkan termasuk di dalamnya dalam bidang industri pertahanan dan teknologi.

Kerjasama pertahanan kedua negara dalam beberapa tahun ini banyak mengalami kemajuan terutama dengan ditandatanganinya MoU kerjasama pertahanan antara Indonesia dan Jepang. Wamenhan Jepang berharap hubungan kerjasama pertahanan kedua negara dapat semakin ditingkatkan. (DAS/RAP)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia