Menhan Luncurkan Kapal Layar Latih Pengganti KRI Dewaruci

Senin, 17 Oktober 2016

menhan-kuncurkan-kri-bima-saktiSpanyol – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., secara resmi meluncuran Kapal Layar Latih TNI AL pengganti KRI Dewaruci yang telah beroperasi sejak tahun 1953.

Peluncuran ditandai dengan pemotongan pita dan penekanan tombol gauk oleh Menhan RI, Senin (17/10) di Galangan Kapal Freire, Spanyol. Selain Kasal, acara peluncuran tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Spanyol Yuli Mumpuni Widarso serta undangan lainnya.

Kapal layar tiang tinggi baru TNI AL yang rencananya akan diberi nama KRI Bima Suci tersebut diperkirakan pembangunannya akan selesai pada bulan Mei 2017 dan tiba di Tanah Air pada bulan Juli 2017 mendatang. Kapal tersebut akan ditempatkan di Markas Komando Armada Kawasan Timur TNI AL, di Surabaya.

Menhan RI dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Freire Shipyard atas terselenggaranya pembangunan Kapal Layar Latih pengganti KRI Dewaruci. Keberhasilan ini dapat terlaksana semata-mata karena adanya saling pengertian dan kerjasama yang baik dari semua pihak yang terlibat didalamnya yang memiliki keinginan yang kuat untuk dapat memberikan yang terbaik.

Lebih lanjut Menhan RI berharap Freire Shipyard mampu dan dapat menyelesaikan pekerjaan pembangunan kapal tersebut sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pada kontrak. Sehingga, kapal tersebut dapat segera dioperasikan untuk mendidik calon-calon Perwira TNI AL.

Menhan RI juga berharap melalui proyek pembangunan Kapal Layar Latih oleh Freire Shipyard, Spanyol ini akan terus meningkatkan kerjasama bilateral antara Indonesia dan Spanyol yang telah terjalin baik selama ini khususnya kerjasama di bidang pertahanan.

“Dengan kepercayaan yang telah diberikan, semoga momentum kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua negara dalam hal ini Indonesia dan Spanyol yang diwakili oleh Kemhan RI dan Freire Shipyard dapat terus ditingkatkan dan hubungan bilateral kedua negara dapat lebih ditingkatkan di masa yang akan datang”, harapnya.

Spesifikasi Kapal Layar Latih Pengganti KRI Dewaruci

Rancangan teknis kapal layar tiang tinggi itu, memiliki ukuran panjang totalnya 111,20 meter, lebar 13,65 meter, kedalaman draft 5,95 meter, dan tinggi maksimal tiang layar 49 meter dari permukaan dek atas. Kapal kelas Bark (Barque, bahasa Inggris) tiga tiang itu akan memiliki 26 layar dengan luas keseluruhan layar 3.352 meter persegi. Ketinggian dek utamanya 9,20 meter dari permukaan laut.

Keistimewaan kapal ini terletak pada instrumen navigasi pelayarannya yang lebih canggih, instrumen pemurnian air laut menjadi air tawar, hingga alat komunikasi dan data digitalnya. Pada saat peluncuran ini kondisi kapal sudah sampai pada tahap pembangunan badan kapal dan pemasangan mesin. Kemudian akan dilaksanakan pemasangan tiang, berbagai instalasi pendukung dan pemasangan interior serta kelengkapan lainnya.(BDI)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia