Menhan RI Terima Kunjungan Kehormatan Menhan Fiji Bahas Kerjasama Pertahanan

Jumat, 4 November 2016

Jakarta2menhan-ri-terima-menhan-fiji – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Raymizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan Fiji Ratu Inoke Kubuabola. Kunjungan Menhan Fiji tersebut diawali dengan Upacara Jajar Kehormatan dan dilanjutkan pertemuan bilateral membahas kerjasama di bidang pertahanan, Jumat (4/11) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Menhan RI mengatakan, kunjungan ini akan semakin memperkokoh kerjasama kedua negara di bidang pertahanan dan diharapkan dapat meningkat ke level yang lebih tinggi, sehingga memberikan manfaat yang besar bagi hubungan bilateral kedua negara serta kontribusi bagi stabilitas dan keamanan regional maupun global.

Menurutnya, kerjasama Indonesia dan Fiji yang positif dapat terlihat dari kebijakan Fiji yang selalu mendukung keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Komitmen tersebut menjadikan Fiji sebagai mitra strategis Indonesia di kawasan Pasifik.

Kami mempertegas kembali komitmen untuk terus bekerjasama guna mempererat hubungan persahabatan dengan dasar persamaan hormat menghormati, saling percaya dan keutungan bersama dengan tetap saling mengakui kedaulatan integritas wilayah dan persatuan nasional masing-masing, tambah Menhan RI.

Lebih lanjut Menhan RI mengatakan, sebagai sesama negara berkembang dan bagian dari kawasan Pasific, Indonesia dan Fiji telah menjalin kerjasama dalam memperjuangkan kepentingan bersama di berbagai forum PBB maupun di non PBB.

Saat ini, kerjasama kedua negara di bidang pertahanan masih dalam tahap awal dan perlu untuk segera menformulasikan dalam kerangka kerjasama. Menhan RI yakin, kedua negara sependapat untuk mulai melihat kemungkinan kearah itu, sehingga hubungan kerjasama bilateral di bidang pertahanan dapat menjadi lebih fokus, efektif dan bermanfaat untuk kedua negara.

Fiji Dukung Keutuhan Wilayah NKRI

Sementara itu, Menhan Fiji mengatakan bahwa Fiji telah banyak mendapatkan manfaat dan keuntungan dari kerjasama bilateral dengan Indonesia yang telah berlangsung sejak tahun 1974. Kedepan, Fiji berkomitmen akan terus melanjutkan dan meningkatkan kerjasama tersebut. Selain itu, Fiji bersama dengan Papua Nugini juga akan selalu dan terus memberikan dukungan terhadap keutuhan dan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurutnya1menhan-ri-terima-menhan-fiji, hubungan kerjasama kedua negara sejak tahun 2011 telah mengalami banyak peningkatan yang ditandai telah penandatanganan kerjasama pembangunan termasuk kerjasama di bidang pertahanan. Sejak itu, hubungan kerjasama di bidang pertahanan antara Kemhan kedua negara terus terjalin baik dan erat.

Untuk lebih memperluas, meningkat dan konkrit lagi, maka Fiji berharap Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama pertahanan kedua negara dapat segera ditandatangani di tahun 2017.

Melalui MoU tersebut, Fiji ingin lebih memperluas lagi kerjasama pertahanan diantaranya di bidang misi perdamaian dan bidang pendidikan dan pelatihan. Kami sedang membangun Pusat Pelatihan Misi Perdamaian di Fiji dan kami ingin belajar banyak dari pengalaman Indonesia, jelas Menhan Fiji.

Lebih lanjut dalam kesempatan yang baik tersebut, Menhan Fiji juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Indonesia atas bantuan yang telah diberikan kepada Fiji dalam penanggulangan bencana. Dimana, ada 100 personel militer Indonesia turut membantu pembangunan sekolah setelah terjadi bencana pada bulan Februari yang lalu.(BDI/SPD/RAF)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia