Jabatan Dirjen Pothan Kemhan dan Staf Ahli Menhan Bidang Keamanan Resmi Diserahterimakan

Senin, 9 Januari 2017

090117 Sertijab Dirjen Pothan & Sahli Kam Jakarta, DMC – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Senin (9/1), mengangkat sumpah, serah terima jabatan (sertijab) Dirjen Pothan Kemhan yang baru Pembina Utama Madya IV/d drs. Sutrimo, M.M., M.Si dan Staf Ahli Menhan Bidang Keamanan Brigjen TNI Eko Budi Supriyanto, di kantor Kemhan Jakarta. Pengangkatan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 116/TPA/2016 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kemhan tanggal 4 Oktober 2016.

Dalam amanatnya saat menjadi inspektur upacara, Menhan mengungkapkan tugas-tugas Ditjen Pothan ini sangat penting dalam penyelenggaraan pertahanan negara serta dalam pembuatan kebijakan kekuatan pertahanan nir-militer dan bela negara. Oleh karena itu pejabat yang menduduki jabatan tersebut perlu memiliki kecakapan manajerial dan kemampuan koordinatif yang didukung oleh integritas yang tinggi.

Lebih lanjut Menhan menekankan kepada Dirjen Pothan untuk memyempurnakan sistem dan konsep penyadaran bela negara yang merupakan bagian integral yang tidak terpisahkan dari konsep Nawacipta dan Revolusi Mental yang merupakan visi pembangunan nasional pada era pemerintahan Presiden Joko Wododo.

Sedangkan kepada Staf Ahli Menhan Bidang Keamanan, Menhan mengharapkan kepada pejabat yang baru agar memiliki kemampuan analisis komprehensif dan inovatif. Terutama yang berkaitan dengan aspek keamanan nasional, regional dan global guna terwujudnya sistem pertahanan semesta yang tangguh, kokoh serta ampuh untuk menghadapi ancaman yang semakin komplek. Dirjen Pothan dan Staf Ahli Menhan memiliiki peran yang sangat esensial guna mewujudkan idealisme tersebut.

Kepada pejabat baru, Menhan mengucapkan selamat atas jabatan yang telah diamanahkan dengan harapan untuk senantiasa menghayati arti pentingnya tugas dan fungsi organisasi. Untuk itu Menhan berpesan untuk segera menyesuaikan diri dan meningkatkan pembinaan organsisasi sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing.

Sedangkan kepada pejabat yang lama yaitu Dr. drs. Timbul Siahaan, M.M, Menhan menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi, dharma bhakti serta loyalitas yang tinggi selama bertugas sebagai Dirjen Pothan Kemhan. Harapan dan ucapan yang sama juga disampaikan Menhan kepada Mayjen TNI (Purn) Bambang Hermanto selama bertugas sebagai Staf Ahli Menhan Bidang Keamanan. Kualitas kepemimpinan, kemampuan manajerial yang profesional dan integritas yang tinggi telah ditunjukkan pajabat lama dalam pengabdiannya kepada Kemhan dan negara pada umumnya. (ERA/RAF)
.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia