Menhan : Jadilah Pemimpin yang Memberikan Solusi dan Mengedepankan Hati Nurani

Rabu, 18 Januari 2017

SSI_0050Yogya, DMC Jadilah pemimpin yang memberikan solusi dalam menghadapi segala sesuatu dan mengedepankan hati nurani sebagai landasan tingkah laku dan perbuatan. Untuk itu Perguruan Tinggi memainkan peran penting dalam membentuk karakter bangsa karena pendidikan karakter memiliki porsi yang besar dibandingkan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan memang faktor penting menjadikan generasi bangsa yang cerdas. Namun, kecerdasan tersebut tidak akan berarti apa-apa, jika tidak diperkaya dengan karakter dan wawasan kebangsaan yang kuat.

Demikian diungkapkan Menhan Ryamizard Ryacudu dalam Rapat Koordinasi Pimpinan Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan Kopertis Wilayah V Yogyakarta yang dihadiri sekitar 797 peserta, Rabu (18/1), di Yogyakarta.

Lebih lanjut Menhan mengatakan bahwa lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Indonesia selain sebagai centre of excellence juga merupakan sentra pembangunan SDM Indonesia. Maka tidaklah berlebihan jika masa depan SDM Indonesia sangat ditentukan oleh mutu lulusan perguruan tinggi di negara ini. Untuk itu kita harus mempersiapkan generasi muda masa depan bangsa ini menjadi generasi penerus yang cerdas, hebat tetapi memiliki kesadaran dan kecintaan terhadap bangsa dan negaranya sendiri.

Melalui Rakor Pimpinan PTS ini Menhan berharap akan tumbuh kesadaran diantara peserta rakor yang terdiri dari Pimpinan PTS dan mahasiswa di wilayah Kopertis V Yogyakarta, serta siap menjadi duta Kementerian Pertahanan dalam membangun semangat Bela Negara dan Cinta Tanah Air.  Jika kesadaran Bela Negara masyarakat tinggi, maka pengaruh ajaran radikalisme tidak akan terjadi kepada masyarakat.   (ERA)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia