Buka Malam Pagelaran Seni Lukis “Bela Negaraku”, Menhan: Upaya Tingkatkan Semangat Nasionalisme

Senin, 13 Februari 2017

Jakarta4-Menhanpembukaan-pagelaran-seni-lukis-bela-negara – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menghadiri dan membuka secara resmi Malam Pagelaran Seni Lukis “Bela Negaraku”, Senin Malam (13/2) di Jakarta. Pegelaran Seni Lukis yang menampilkan lukisan karya 36 Pelukis Terkemuka dari berbagai Kota di Indonesia tersebut diselenggarakan dan diprakarsai oleh Ef-Art Enterprise. Pameran menampilkan sejumlah karya-karya lukisan bertemakan tentang Nasionalisme/Bela Negara, Religi, Human Interest dan Lingkungan Hidup.

Selain Menhan, turut pula hadir pada acara pagelaran tersebut Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Sekjen Kemhan Laksdya TNI Widodo, Rektor Unhan Letjen TNI I Wayan Midhio serta sejumlah pejabat di lingkungan Kemhan, para Pelukis dan Kolektor.

Menhan RI dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada penyelenggara yang telah memprakarsai kegiatan pagelaran seni lukis ini. Pagelaran ini dapat menjadi salah satu cara dan upaya meningkatkan semangat nasionalisme dan kesadaran bela negara yang dirasakan semakin menurun khususnya di kalangan generasi muda.

Lebih lanjut Menhan mengatakan, Bela Negara bukan domain Kemhan dan TNI atau komponen bangsa tertentu saja, tetapi sejatinya Bela Negara adalah hak dan kewajiban setiap orang yang mengaku dirinya sebagai warga negara Indonesia. Dan salah satu bentuk keikutsertaan dan pengabdian warga negara dalam bela negara adalah pengabdian warga negara sesuai dengan profesinya masing-masing.

Hal ini seperti yang ditujukan oleh 36 orang Pelukis dari seluruh Indonesia, mereka menggelar karya-karya lukisan terbaik sebagai representasi kebanggaan dan kecintaan dan wujud bela negara melalui profesinya sebagai pelukis.

Menhan1-Menhanpembukaan-pagelaran-seni-lukis-bela-negara berharap, kegiatan pagelaran ini dapat menggugah hati seluruh bangsa Indonesia untuk semakin meningkatkan semangat kebangsaan serta mempertebal rasa kecintaan kepada budaya Tanah Air, serta terbangun tekat yang kuat dalam upaya Membela Negara sekaligus melestarikan Seni Lukis Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Malam Pagelaran Seni Lukis Bela Negaraku Faris Ash-Shiddieqy mengatakan, kegiatan pagelaran ini diselenggarakan dengan tujuan dalam rangka turut berpartisipasi menyukseskan Program Bela Negara melalui kegiatan Seni dan Budaya yang merupakan salah satu potensi strategis dari anak bangsa.(BDI/SGY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia