Kemhan Resmikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara

Selasa, 28 Februari 2017

Kementerian Pertahanan meresmikan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Bela Negara Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan (Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan) yang terletak di Kampung Pabuaran, Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Peresmian ditandai dengan Pengguntingan Pita, Pembukaan Selubung Nama Gedung Gajah Mada dan Penandatanganan Prasasti Pusdiklat Bela Negara oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Selasa (28/2) di Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan, Rumpin, Bogor. Hadir pada acara tersebut sejumlah Menteri Kabinet Kerja, beberapa pejabat di lingkungan Kemhan, instansi terkait serta tamu undangan lainnya.

Peresmian tersebut menandai telah tepenuhinya pembangunan berbagai infrastruktur dan sarana prasarana Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan yang akan digunakan untuk menyelenggarakan serangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam rangka menumbuhkan kesadaran bela negara bagi setiap warga negara Indonesia.

Dengan adanya Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan ini maka kedepan diharapkan Pembinaan Kesadaran Bela Negara dapat dikembangkan secara lebih terpadu, sinergis dan komprehensif. Sebagaimana dalam program prioritas “Nawa Cita” menuju Indonesia Hebat, diantaranya Pembinaan Kesadaran Bela Negara adalah menjadi bagian dari revolusi karakter bangsa.

Pembangunan Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan sebagai penyelenggara pendidikan dan pelatihan bela negara bagi komponen bangsa merupakan realisasi dari RPJMN 2015-2019 dan sejalan dengan salah satu tujuan pertahanan negara yang tertuang dalam Kebijakan Pertahanan Negara yakni terwujudnya Warga Negara Indonesia yang memiliki kesadaran bela negara.

Pusdiklat Bela Negara dibangun sejak tahun 2014 diatas lahan seluas 21,33 hektar dengan berbagai fasilitas dan sarana prasarana meliputi Kantor, Mess/Barak dengan kapasitas 264 orang siswa putra dan 96 orang siswa putri, Kelas Lapangan, Aula Serba Guna, Montenering, Lapangan Sepakbola, Poliklinik, Masjid, Rumah Dinas, Rumah Makan dan Dapur.

Sebelum diresmikan, sejak akhir tahun 2015 hingga awal tahun 2017 Pusdiklat Bela Negara tersebut juga telah dimanfaatkan oleh Kemhan untuk menyelenggarakan sejumlah kegiatan Diklat Pembentukan Kader Bela Negara bagi Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian/Lembaga, Mahasiswa Perguruan Tinggi dan Organisasi Masyarakat (Ormas).

Berikut Diklat Pembentukan Kader Bela Negara yang telah diselenggarakan di Pusdiklat Bela Negara; Diklat Pembina Bela Negara Tk. Pertama bagi Aparatur Sipil Negara Kemenko Polhukam, Diklat Kader Bela Negara bagi Kepala Satuan Kerja dan Pejabat Pembuat Komitmen setara Pejabat Administrator dan Pengawas di Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diklat Kader Bela Negara bagi Aparatur Sipil Negara Golongan II dan III di Lingkungan Kementerian PUPR, Diklat Kader Bela Negara di Lingkungan Pekerjaan bagi Calon Pegawai/Pejabat di Lingkungan Kementerian Perhubungan dan Diklat Kader Bela Negara di Lingkungan Pekerjaan bagi Calon Pegawai Bank Indonesia (Level Asisten Manajer).

Selanjutnya, Diklat Kader Muda Bela Negara di Lingkungan Pendidikan Melalui Orientasi Pengenalan Kampus (OSPEK) bagi Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Diklat Kader Muda Bela Negara di Lingkungan Pendidikan bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi (Universitas Pembangunan Nasional Jakarta, Universitas Dharma Persada, Swiss German University dan Universitas Gunadarma) dan Diklat Kader Bela Negara di Lingkungan Pemukiman bagi Ormas Barisan Patriot Bela Negara.

Demikian Siaran Pers Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia