Kota Manado Jadi Tempat Dimulainya Aksi Bela Negara 2017

Senin, 17 April 2017

Program Bela Negara yang merupakan program prioritas dan unggulan Kementerian Pertahanan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak termasuk dukungan dari Pemerintah dan Masyarakat Provinsi Sulawesi Utara.

Dukungan tersebut diwujudkan dengan penyelenggaraan kegiatan dimulainya Aksi Bela Negara Tahun 2017 di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan Aksi Bela Negara tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 20 April 2017 dan dihadiri oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Bersamaan dengan kegiatan Aksi Bela Negara tersebut, juga diselenggarakan serangkaian kegiatan Parade Kerukunan Antar Umat Beragama, Etnik Budaya Indonesia, dengan mengangkat temá: “Merajut Kebersamaan Dalam Memperkuat NKRI”.

Dipilihnya Provinsi Sulawesi Utara menjadi tempat dimulainya Aksi Bela Negara 2017 sangatlah tepat, karena Provinsi Sulawesi Utara merupakan pintu gerbang Indonesia di wilayah bagian timur. Disamping itu, pada tahun ini kota Manado, Sulawesi Utara juga akan menjadi tempat pusat Peringatan Hari Bela Negara Ke 69 pada tanggal 19 Desember 2017.

Kegiatan Aksi Bela Negara diprakarsai Pemprov Sulawesi Utara bersama Kemhan, diselenggarakan sebagai bagian dari kegiatan Program Bela Negara dalam rangka menumbuhkembangkan semangat dan kesadaran Bela Negara kepada masyarakat khususnya di daerah.

Sebagaimana diketahui bahwa Program Bela Negara merupakan program prioritas dan unggulan Kemhan sebagai bentuk revolusi mental sekaligus untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas dinamika ancaman sekaligus untuk mewujudkan ketahanan nasional.

Melalui upaya pembinaan kesadaran Bela Negara diharapkan akan menjadi potensi bangsa Indonesia untuk membangun diri menjadi bangsa yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Dengan demikian nilai-nilai Bela Negara sangat penting untuk ditanamkan sebagai landasan sikap dan perilaku bangsa Indonesia.

Bela Negara diaktualisasikan dalam peran dan profesi setiap warga negara. Nilai-nilai Bela Negara meliputi Cinta Tanah Air, Sadar Berbangsa dan Bernegara, Yakin pada Pancasila Sebagai Ideologi Negara, Rela Berkorban Untuk Bangsa dan Negara serta Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara.

Demikian Siaran Pers Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia