Indonesia Sukses Selesaikan Dua Unit Kapal SSV Pesanan Filipina, Menhan RI : Bukti Eratnya Kerjasama Pertahanan Kedua Negara

Selasa, 2 Mei 2017

penyerahan-kapal-ssv-kedua-pesanan-filipina-3Surabaya – Indonesia melalui perusahaan galangan kapal dalam negeri PT PAL Indonesia telah sukses dan berhasil secara tepat waktu menyelesaikan dua unit Kapal Perang jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) yang dipesan oleh Departemen Pertahanan Filipina.

Atas kesuksesan tersebut, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu berharap kedepan kerjasama antara Indonesia dan Filipina dapat terus ditingkatkan khususnya di bidang pertahanan demi kebaikan dan kemajuan kedua negara.

“Pada hari ini dilaksanakan momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia dan Filipina di bidang kerjasama pertahanan yang ditandai dengan pelepasan Kapal SSV Kedua. Hal ini merupakan salah satu bukti betapa eratnya hubungan kerjasama antara kedua negara yang berlandaskan saling hormat-menghormati dan saling percaya”, ungkap Menhan RI pada acara Pelepasan dan Serah Terima Kapal SSV Kedua Pesanan Filipina, Selasa (2/5) di Dermaga Divisi Kapal Niaga PT PAL Indonesia, Surabaya.

Lebih lanjut Menhan RI menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Pemerintah Filipina atas kepercayaan yang diberikan kepada Indonesia melalui PT PAL Indonesia untuk menyelesaikan pembangunan dua unit Kapal Perang SSV guna memperkuat Angkatan Laut Filipina.

Kepercayaan yang diberikan merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia dan kepercayaan tersebut telah berhasil dijawab dengan baik oleh PT PAL Indonesia dengan menuntaskan pembangunan kapal tersebut.

“Terimakasih kepada Pemerintah Filipina atas kepercayaannya kepada Indonesia. Diharapkan kerjasama di bidang lainnya yang saling menguntungkan bagi kedua negara dapat ditingkatkan di masa depan”, harap Menhan RI.

Spesifikasi Kapal SSV Pesanan Filipina Produksi PT PAL Indonesia

kapal-ssv-pesanan-filipinaKapal SSV yang memiliki panjang 123 meter dan lebar 21 meter ini diproduksi oleh PT PAL Indonesia atas hasil lelang internasional yang diadakan Departemen Pertahanan Filipina pada 2014. PT PAL Indonesia yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara Industri Strategis mendapatkan kepercayaan menyelesaikan pembangunan dua unit Kapal SSV. Kapal SSV Pertama telah diserahkan dan dikirim pada 8 Mei 2016.

Kapal SSV yang merupakan jenis kapal perang untuk pertama kalinya dieskport oleh Indonesia tersebut dapat menampung hingga 621 penumpang dan mampu bertahan di lautan selama 30 hari. Kapal SSV memiliki bobot  maksimal 7.200 Ton, berkecepatan 16 knots dengan mesin pendorong 2 X 2,920 kW, mampu menampung tank, kendaraan tempur, mobil rumah sakit, hingga kapal patroli dan transporter.

Berikut Spesifikasinya;

Length Over All : 123.00 m
Length Water Line : 114.60 m
Length (B.P) : 107.49 m
Breadth (moulded) : 21.80 m
Depth (moulded) : 11.30 m
Draft ( Design ) : 5.00 m
Displacement : 7,200.00 tons
Speed (Trial max) : 16.00 knots
(Cruising) : 13.00 knots
Endurance : 30.00 days
Main Gun : 76.00 mm
Cruising range
Based on cruising speed : 7.50 nm
Based on Ops. speed : 10.00 nm




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia