Ansitipasi Berkembangnya ISIS, Indonesia – New Zealand Sepakat Pentingnya Memperkuat Kerja Sama Kawasan

Rabu, 31 Mei 2017

menhan-ri-terima-menhan-newzealandJakarta – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu menerima kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan New Zealand Mark Mitchell, Rabu (31/5) di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, kedua pihak sepakat meningkatan hubungan kerja sama kedua negara di bidang pertahanan.

Menhan RI dan Menhan New Zealand juga sepakat tentang pentingnya untuk memperkuat kerja sama keamanan di kawasan dalam menghadapi dan mengantisipasi berkembangannya ancaman terorisme terutama ancaman ISIS.
Dalam kunjungan tersebut yang merupakan kunjungan bilateral pertama kalinyanya sejak dilantik, Menhan New Zealand Mark Mitchell menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara dan juga membangun kerja sama keamanan di kawasan.

“Pertemuan ini sangat penting dan menjadi priortias bagi kami dan ini merupakan kunjungan pertama bilateral kami sejak menjadi Menhan, Kami akan terus melanjutkan komitmen untuk terus meningkatkan hubungan kerja sama kedua negara”, ungkap Menhan New Zealand.

Menhan Zealand juga menyampaikan apresiasi atas hubungan baik kedua negara yang sudah berlangsung selama ini dan pada tahun depan huhubungan diplomatik RI-New Zealand akan dirayakan untuk yang ke-60 tahun. ”Kunjungan ini sangat penting dan ini merupakan bagian komitmen New Zealand untuk terus meningkatkan hubungan yang lebih kuat dan baik dengan Indonesia”, jelasnya.

Apresiasi juga disampaikan kepada pihak Indonesia atas inisiasinya telah membangun mekanisme atau kerangka kerja sama di kawasan. “Kami juga sangat mengakui posisi kepemimpinan Indonesia yang memberikan peran penting untuk bisa menginisiasi berbagai bentuk kerjasama di kawasan. Ini suatu hal yang sangat kami hargai dari Indonesia”, ungkapnya.

New Zealand telah melihat bagaimana peran Indonesia sebagai leading sector dalam konteks kerjasama di kawasant dan New Zealand berharap menjadi bagian dalam kerja sama tersebut. New Zealand sangat memahami akan pentingnya penguatan dan komitmen bersama untuk membangun kerjasama keamanan kawasan khususnya dalam menghadapi potensi berkembangnya ancaman terorisme terutama ISIS.

Sementara itu, Menhan RI juga berharap hubungan baik Indonesia dan New Zealand di bidang pertahanan dapat terus ditingkatkan di masa-masa mendatang melalui kerjasama yang lebih konkrit. Kerjasama yang konkrit kedua negara di bidang pertahanan dapat dilakukan melalui peningkatan kerja sama di bidang pendidikan, latihan bersama antara Angkatan Bersenjata kedua negara, pertukaran informasi intelijen, kunjungan antar pejabat pertahanan, hingga kerjasama bantuan darurat / operasi militer selain perang.

Terkait penguatan kerja sama kawasan, Menhan RI juga menyampaikan bahwa yang menjadi ancaman dan musuh bersama saat ini adalah ancaman terorisme dan juga ancaman bencana alam. Untuk itu, antar negara di dunia diharapkan dapat saling berkerjasama dan membangun perdamaian.

1menhan-ri-terima-menhan-newzealandUntuk menjaga keamanan di kawasan, Indonesia mengajak bersama-sama dengan negara-negara ASEAN untuk mengamankan wilayah sekitar laut negara masing-masing. “Kita juga sudah melakukan pertemuan Trilateral dengan Filipina dan Malaysia untuk menghadapi perompak-perompak di Laut”, jelasnya.

Sebelumnya, rangkaian kunjungan kehormatan Menhan New Zealand diawali dengan penyambutan melalui Upacara Jajar Kehormatan dan diakhiri dengan penandatanganan dokumen pernyataan bersama mengenai hubungan kerja sama pertahanan kedua negara. Turut mendampingi Menhan RI dalam kesempatan tersebut, Sekjen Kemhan RI Laksdya TNI Dr. Widodo, Rektor Unhan Letjen TNI Dr. (Cand) I Wayan Midhio dan beberapa pejabat di lingkungan Kemhan. (BDI/SAP)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia