Shangri-La Dialogue : Komandan US Pacom dan Panglima Angkatan Bersenjata Inggris Temui Menhan RI Bahas Terorisme

Jumat, 2 Juni 2017

US FACOMSingapura – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Jumat(2/6) melakukan pertemuan dengan Commander of US Pacific Command (US Pacom) Admiral Harry B Harris Jr di Gardenia, Singapura di sela-sela pertemuan Shangri-La Dialogue yang dihadiri oleh keduanya.

Dalam pertemuan ini Komandan US Pacom ini menawarkan konsep dukungan Amerika Serikat dalam memerangi perkembangan ISIS di Filipina Selatan atau di laut Sulu. Dalam hal ini pihak Amerika menawarkan dukungan kepada tiga Negara dikawasan yaitu Malaysia, Filipina dan Indonesia untuk mendukung operasi militer laut maupun darat di Filipina Selatan untuk memerangi perkembangan ISIS ini. Dirinya juga mengharapkan dukungan sepenuhnya dari Menhan RI atas keberadaan US Pacom di kawasan Pasifik dalam upaya AS mengatasi perkembangan situasi Korea Utara.

Sementara dalam pertemuan Menhan Ryamizard Ryacudu dengan UK Chief of The Defence Staff Air Chief Marshal Sir Stuart Peach yang dilaksanakan usai pertemuan dengan Komandan US Pacom dibicarakan mengenai kekhawatiran Pemerintah Inggris terhadap perkembangan kelompok militan teroris.Karena mereka kelompok teroris itu sudah mulai berpotensi membeli alat peledak sendiri dan membuat senjata, kemudian beberapa potensi gangguan lain yang ada di masyarakat ini. Karena itulah pentingnya terjalin kerjasama bilateral dan multilateral pertahanan.INGGRIS

Sementara itu Menhan Ryamizard Ryacudu mengatakan teroris adalah musuh bersama yang harus dihadapi bersama. Karena itulah pentingnya menjalin kerjasama bilateral pertahanan yang baik dengan semua negara agar dapat menghadapi ancaman keamanan dunia yang terus berubah.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia