75 Personel Kemhan dan TNI Selesaikan Rehabilitasi Tingkat Terampil

Selasa, 6 Juni 2017

pusreJakarta– Sebanyak 75 orang personel Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI penyandang disabilitas, berhasil menyelesaikan program Rehabilitasi Terpadu Tingkat Terampil Angkatan XLII, Gelombang I.

Rehabilitasi yang berlangsung mulai tanggal 25 Januari sampai 6 Juni 2017, secara resmi ditutup oleh Kepala Pusat Rehabilitasi (Kapusrehab) Kemhan Brigjen TNI Achmad Dewanto, Sp.PD, di Jakarta, Selasa (6/6).

Dalam sambutannya Kapusrehab mengatakan, sebagai penyelenggara rehabilitasi terpadu bagi para penyandang disabilitas personel Kemhan dan TNI, Pusrehab Kemhan menjadi suatu wadah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan baik keterampilan fisik maupun fungsi sosialnya, agar siap ketika nanti menjalani kehidupan di masyarakat.

Karenanya, melalui program rehabilitasi terpadu para penyandang disabilitas dibekali keterampilan, pengetahuan dan teknologi dengan harapan dapat memiliki kompetensi di bidang yang digeluti dan menjadi insan yang mandiri serta produktif, dalam mengaplikasikan keterampilan yang telah diperoleh, baik untuk kepentingan dinas maupun sebagai persiapan berwira usaha.

Selama mengikuti Rehabilitasi Terpadu Tingkat Terampil Gelombang I, Pusrehab Kemhan memberikan pelayanan meliputi Rehabilitasi Vokasional, Sosial, Medik dan Perumahsakitan serta dukungan administrasi yang dibutuhkan.

Bidang Rehabilitasi Vokasional diantaranya meliputi keterampilan teknik komputer, fotografi, desain grafis, automekanik, pertanian, pertukangan dan tata boga. Bidang Rehabilitasi medik dan Perumahsakitan melaksanakan kegiatan preventif dan promotif berupa penyuluhan kesehatan, spirometri, foging dan kesamaptaan. Bidang Rehabilitasi Sosial bekerjasama dengan sejumlah mitra dalam pelaksanaan praktek yang juga dilibatkan sebagai instruktur selama rehabilitasi.

Di akhir Program Rehabilitasi Terpadu, para peserta juga diberikan bantuan berupa peralatan kerja mandiri sesuai dengan kompetensinya, untuk digunakan para penyandang disabilitas mengaplikasikan keterampilannya.(BND/SSI)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia