SDM Pegang Peranan untuk Tingkatkan Reputasi STTAL

Selasa, 6 Juni 2017

STTAL 1Surabaya – Untuk meningkatkan reputasi Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) berkelas dunia (world class navy) diperlukan suatu konsep pengembangan. Konsep pengembangan itu meliputi pendidikan, riset, pengabdian masyarakat, SDM, infrastruktur dan fasilitas serta kapasitas institusi.

Namun, Sumber Daya Manusia (SDM) memegang peranan kunci pada sebuah perguruan tinggi yaitu dosen atau tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa. Demikian diungkapkan Sekjen Kemhan Laksdya TNI Dr. Widodo saat memberikan kuliah umum dihadapan 170 mahasiswa STTAL Surabaya, di kampus STTAL Surabaya, Selasa (6/6).

Lebih lanjut Sekjen mengatakan bahwa dosen atau tenaga pendidik memegang peranan dalam pengembangan SDM. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan SDM yaitu dengan meningkatkan kualifikasi dosen dan meningkatkan kemampuan akademik atau riset dosen dengan konsep pelatihan atau pendampingan, termasuk insentif atau hibah. Selain itu peningkatan atmosfer akademik seperti mendatangkan dosen tamu, sharing riset dan pendidikan juga menjadi hal yang perlu menjadi perhatian dalam pengembangan SDM.

Dikatakan Sekjen, dalam pengembangan SDM dosen terdapat program SAME (Scheme for Academic Mobility) dari Kemenristek Dikti dengan mendatangkan dosen dari luar negeri atau mengirim dosen ke luar negeri. Pemilihan dosen berprestasi baik di bidang pendidikan maupun riset juga merupakan bagian dari pengembangan SDM.

Sedangkan, strategi pengembangan kapasitas institusi dapat dilakukan dengan mengembangkan remunerasi berbasis kinerja, membangun manajemen riset dan akademik yang baik serta mengembangkan kerjasama di bidang pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat. STTAL 2

Melalui strategi pengembangan SDM, fasilitas dan infrastruktur serta kapasitas institusi diharapkan STTAL akan menjadi perguruan tinggi berkelas yang mendukung TNI AL berkelas dunia. Adapun kriteria Universitas kelas dunia (The world University Rangking) adalah pengajaran (suasana akademik), riset, sitasi, internasionalisasi dan pendanaan dari industri.

Sementara itu Komandan STTAL Laksma TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, M.MT mengatakan bahwa tema yang diangkat yaitu, ”Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di STTAL Menuju Perguruan Tinggi Riset Berkelas Dunia” sangatlah sesuai untuk perencanaan dan pengembangan SDM di lingkungan organisasi STTAL, agar kedepan lebih efektif, efisien dan akuntabel. (ERA/SPD)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia