Sekilas tentang Indonesia International Defense Science Seminar (IIDSS)

Rabu, 14 Juni 2017

iids unhan 2Indonesia International Defense Science Seminar atau IIDSS adalah sebuah seminar mengenai Ilmu Pertahanan yang diadakan oleh Universitas Pertahanan Indonesia (Indonesia Defense University). IIDSS yang direncanakan akan dilaksanakan pada 12-13 Juli 2017 akan menjadi seminar bidang ilmu pertahanan yang pertama kali diadakan di Indonesia. Tahun ini IIDSS mengusung tema “New Thinking for Strategy Policy in the Field of Security, Strability, and Humanity Affairs in the Asia Pacific and Oceania Regions” yang membahas topik-topik terkait dengan ilmu pertahanan dan teknologi pertahanan, seperti bidang keamanan, stabilitas, dan isu kemanusiaan dengan empat besar sub-topik seminar, yaitu topik Security dengan tema besar “Escalation of Military Expenditure in Southeast Asia”, topik Stability dengan tema besar “Maritime Affairs in Indo-Asia- Pacific”, topik Human Security dengan tema “Human Security in Southeast Asia”, dan topik Human Welfare dengan tema “Revelations to Global Trends 2030”.

IIDSS akan menghadirkan pembicara professional di bidangnya baik dari nasional dan internasional, seperti Prof. Julian Cooper, Gunnar Pedersen, Dr. Ir. Hananto Jurnio, M.Sc., Dr. Marsetio, Prof. Bilveer Singh, Victor Sumsky, dan lainnya. Peserta IIDSS berasal dari ragam universitas pertahanan di seluruh dunia, dan tahun ini Universitas Pertahanan dengan bangga mengundang khusus 11 universitas pertahanan di dunia,yaitu Australia Defense College, National Defense of India, Institute for Higher National Defense Study (Perancis), Korea National Defense University, U.S. National Defense University, Thailand National Defense College, Vietnam National University, Royal College of Defense (Inggris), Defense University College of Engineering of Ethiopia, Honduras Defense University, dan Qatar Defense University. Peserta lainya termasuk lebih dari 500 politisi, praktisi, pemangku kebijakan, dan civitas akademika dari multi-disiplin baik berasal dari Indonesia maupun luar negeri.

Tidak hanya itu, IIDSS 2017 juga akan dihadiri oleh tamu undangan kehormatan dari organisasi internasional (seperti Interpol, United Nations Peacekeeping, UN-OCHA, U.S. Department of Homeland Security), perwakilan kedutaan besar di Jakarta, dan juga think-tanks nasional dan internasional.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia