Trilateral Maritime Patrol Indomalphi Resmi Dimulai

Senin, 19 Juni 2017

Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu bersama Menteri Pertahanan Malaysia Dato’ Seri Hishammuddin Tun Hussein dan Menteri Pertahanan Filipina Delvin N Lorenzana meresmikan kegiatan Trilateral Maritime Patrol Indomalphi atau Patroli Maritim Terkoordinasi Trilateral.

Peresmian dilakukan di atas Kapal TNI Angkatan Laut KRI dr. Suharso-990 yang ditandai dengan penekanan tombol sirine, demonstrasi Indomalphi Quick Response, Sailing Pass dan Flying Pass, Senin (19/6) di Tarakan, Kalimantan Utara. Acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh Panglima Angkatan Bersenjata masing – masing negara.

Turut hadir Menteri Senior Dr. Maliki bin Osman atas nama Menhan Singapura dan Wamenhan Brunei Darussalam FADM (Ret) Dato Seri Abdul Aziz bin Haji Moh Tamit, keduanya sebagai observer.

Kegiatan Trilateral Maritime Patrol Indomalphi ini digagas dan dilaksanakan oleh Indonesia, Malaysia dan Filipina dalam rangka menghadapi tantangan keamanan terkait dengan perairan perbatasan negara saat ini.

Trilateral Maritime Patrol Indomalphi ini merupakan langkah kongkrit yang dilakukan ketiga negara, namun tetap dalam semangat dan sentralitas ASEAN, dalam menjaga stabilitas di kawasan dalam menghadapi ancaman nyata non-tradisional seperti perampokan, penculikan, terorisme dan kejahatan lintas negara lainnya di perairan atau kawasan maritim.

Dunia sedang menunggu tindak lanjut dari beberapa pertemuan yang dilakukan oleh ketiga negara dalam sentralitas ASEAN. Ketiga negara juga memandang penting kerja sama trilateral ini yang diimplementasikan dalam bentuk kerja sama praktis di lapangan secara terkoordinasi, dalam bentuk patrol maritime, yang nantinya juga akan melibatkan unsur udara dan darat.

Sebelum dilakukan peluncuran Trilateral Maritime Patrol Indomalphi, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan peresmian secara simbolis Maritime Command Center (MCC). MMC Indonesia berada di Tarakan, MCC Malaysia berada di Tawau dan MCC Filipina berada di Bongao.

Peresmian MCC ditandai dengan penandatanganan prasasti bersama oleh Panglima Angkatan Bersenjata dari tiga negara yakni Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Panglima Angkatan Tentera Malaysia Jenderal  Tan Sri Dato’ Sri Raja Mohamed Affandi bin Raja Mohamed Noor dan Chief of Staff, Armed Forces of the Philippines General Eduardo M Ano AFP.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia