Kemhan Selenggarakan Rakor Bela Negara untuk Lingkungan Kampus

Selasa, 25 Juli 2017

Pertahanan Negara Indonesia diselenggarakan dalam suatu sistem pertahanan semesta yang melibatkan seluru warga negara, termasuk di dalamnya lingkungan kampus sebagai wadah penyiapan generasi muda yang berkarakter cinta tanah air.

Berdasarkan pemikiran tersebut, Kementerian Pertahanan (Kemhan) dalam hal ini Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan (Ditjen Pothan) Kemhan, menyelenggarakan Rapat Koordinasi dan Pembekalan kepada Ketua Kopertis dan Rektor Seluruh Indonesia Dalam Rangka Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN), pada Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru Tahun 2017 di Kantor Kemhan, Jakarta, pada tanggal 25-26 Juli 2017.

Sedangkan tujuan dilaksanakannya Rakor Bela Negara itu adalah, memberikan masukan dan pembekalan kepada peserta dan pemangku kepentingan dalam menentukan kebijakan lebih lanjut, terkait dengan program Pembinaan Kesadaran Bela Negara khususnya dalam kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru.

Di hari pertama, akan berlangsung diskusi panel bertemakan “Pembinaan kesadaran bela negara dalam kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru, dapat membentuk sikap dan perilaku mahasiswa yang mencerminkan rasa cinta tanah air, disiplin, taat pada hukum serta mampu dalam membentengi diri terhadap berbagai ancaman, dan membantu kelancaran dalam menempuh pendidikan di kampus”, yang diikuti 111 peserta, terdiri dari Koordinator Kopertis Wilayah I s.d. XIV sebanyak 14 orang dan Perwakilan Rektor/Ketua/Direktur Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia sejumlah 97 orang.

Pembicara yang dihadirkan antara lain, Dirjen Belmawa Kemenristekdikti dengan materi tentang Sistem Pendidikan Dan Pelayanan Akademik, Dirjen Pothan Kemhan dengan materi Penyelenggaraan PKBN di Kampus, Dir.Binmas Baharkam Mabes Polri mengantarkan materi Keterlibatan Polri dalam Penyelenggaraan PKBN di Kampus, Aster Panglima TNI dengan materi Keterlibatan TNI dalam Penyelenggaraan PKBN di Kampus dan Dirjen Polpum Kemendagri menyampaikan Keterlibatan Pemda dalam Penyelenggaraan PKBN di Kampus.

Sedangkan pada hari kedua penyelenggaraan rakor, Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu akan memberikan pembekalan kepada seluruh peserta rakor untuk menyamakan pengertian, visi, misi, persepsi tentang PKBN dalam kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru.

Selain Menhan, pembicara lainnya yang akan dihadirkan adalah Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Agama Drs. H. Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam) Wiranto.

Demikian Siaran Pers Pusat Komunikasi Publik Kementerian Pertahanan RI.




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia