Aktif Tingkatkan Wawasan Bela Negara Generasi Muda, Unhan Gelar Lomba Pidato dan Karya Ilmiah Bela Negara

Kamis, 27 Juli 2017

IMG_20170727_103705Bogor- Universitas Pertahanan (Unhan) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unhan, untuk kedua kalinya kembali menyelenggarakan kegiatan Parade Cinta Tanah Air (PCTA). Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk lomba pidato dan karya ilmiah bela negara yang diikuti Pelajar tingkat SMA dan SMK se-Kabupaten dan Kota Bogor.

Kegiatan PCTA diselenggarakan sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Unhan terkait dengan aspek pengabdian masyarakat dalam rangka terus berpartisipasi secara aktif meningkatkan pengetahuan dan wawasan bela negara kepada masyarakat khususnya generasi muda.

Lomba dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor (Warek) I Unhan Prof. Dr. Ir. Dadang Gunawan, M.Eng, yang dalam kesempatan tersebut mewakili Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M.Phil, Kamis (27/7) di Kampus Unhan, Sentul, Bogor.

Untuk lomba pidato diikuti oleh sebanyak 23 pelajar dan lomba karya tulis diikuti 20 pelajar masing-masing berasal dari 11 SMK dan SMK di Kabupaten dan Kota Bogor yang sebelumnya telah melalui beberapa tahapan diawali pengiriman karya tulis ilmiah.

Raktor Unhan dalam sambutan tertulisnya menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membekali generasi muda sebagai generasi penerus bangsa agar memiliki kemampuan dan pemahaman tentang pentingnya karakter bangsa dan bela negara.

Sehingga, pada saatnya nanti generasi muda Indonesia mampu menjadi pemimpin – pemimpin bangsa yang handal yang dapat membawa bangsa dan negara Indonesia menuju yang lebih maju dan bermartabat serta mampu bersaing di kancah dunia internasional.

Selain itu, Rektor Unhan juga menambahkan melalui penyelenggaraan lomba ini diharapkan generasi muda Indonesia dapat memanfaatkan sebagian waktunya untuk kegiatan – kegiatan yang lebih positif baik bagi dirinya sendiri, lingkungan sekolah serta lingkungan keluarga dan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan (BP3) Wilayah I Bogor, Ir. Herry Pansila Prabowo yang turut hadir pada acara pembukaan menyampaikan menyambut baik dan mengapresiasi kepada Unhan yang telah menyelenggarakan kegiatan yang menurutnya sangat penting untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta pemahaman wawasan kebangsaan di kalangan para siswa/pelajar.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi suatu point penting karena siswa tidak hanya diberikan pengetahuaan. Sesuai dengan kurikulum 2013, ada tiga sasaran yakni pengetahuan, keterampilan dan perilaku, yaitu bagaimana menanamkan wawasan dan karakter kebangsaan kepada para siswa.”Ini menjadi suatu modal besar dan warisan negeri untuk para generasi muda calon pemimpin masa depan”, ungkapnya.(BDI/ACP)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia