Menhan Terima Penyerahan Tugas dan Wewenang Jabatan Sekjen Kemhan dan Kabaranahan Kemhan

Selasa, 22 Agustus 2017

SEKJENJakarta – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Selasa (22/8) memimpin upacara penyerahan tugas, wewenang, dan tanggung jawab jabatan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Dr Widodo dan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan Ir Leonardi kepada Menhan RI di Aula Bhineka Tunggal Ika, Kantor Kemhan, Jakarta. Penyerahan tugas, wewenang dan tanggung jawab jabatan Sekjen Kemhan dan Kabaranahan Kemhan kepada Menhan RI ini karena Laksdya TNI (Purn) Dr Widodo telah memasuki masa purna tugas terhitung mulai tanggal 1 Juli 2017 dan Laksda TNI (Purn) Ir Leonardi pada 1 Agustus 2017.

Dalam amanatnya Menhan menjelaskan bahwa penyerahan tugas dan wewenang jabatan ini merupakan bagian dari upaya Kemhan dalam menyikapi berbagai dinamika organisasi sekaligus sebagai bagian dari penerapan ketentuan serta administrasi yang berlaku. Pemerintahan yang bersih dan berwibawa dan berkelanjutan harus diikuti oleh tata kelola administrasi pemerintahan yang bersih dan bertanggung jawab serta taat kepada azas.

Dalam tata kelola Kemhan, Sekjen Kemhan berperan sebagai administrator dan koordinator pelaksanaan tugas dan fungsi Kemhan yang dilaksanakan oleh para Direktur Jenderal, dan Kepala Badan serta seluruh unsur pelaksana di lingkungan Kemhan. Peran tersebut dilakukan dalam rangka membantu Menhan untuk merumuskan dan menetapkan kebijakan penyelenggaraan pertahanan negara berdasarkan kebijakan umum pertahanan negara yang ditetapkan oleh Presiden.

Secara khusus Sekjen Kemhan membantu Menhan menetapkan kebijakan strategis manajemen dan dukungan administasi kepada TNI. Fungsi-fungsi ini telah dilaksanakan dengan baik oleh Laksdya TNI (Purn) Dr Widodo selama bertugas di Kemhan.

Sedangkan tugas-tugas Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) adalah melaksanakan pengelolaan fungsi sarana pertahanan dan menyelenggarakan fungsi penyusunan kebijakan teknis rencana dan program di bidang sarana pertahanan, khususnya dalam penggunaan Alutsista TNI. Tugas-tugas tersebut selama ini dapat diemban dengan baik oleh Laksda TNI (Purn) Ir Leonardi.

Atas nama Pemerintah dan pimpinan Kemhan, Menhan mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas kepemimpinan dan integritas Dr Widodo dalam membantu Menhan untuk mengelola penyelenggaraan pertahanan negara. Menhan juga mengucapkan terima kasih kepada Ir Leonardi atas pengabdian dan loyalitas yang tinggi.

Menhan juga mengucapkan terima kasih kepada Ny Yustin Widodo dan Ny Mirna Leonardi yang telah berdedikasi penuh dalam mendampingi dan mendukung pelaksanaan tugas suami serta berkarya melalui organisasi Dharma Wanita Persatuan Kemhan. (DAS/JLY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia