Melalui Parade Cinta Tanah Air Tingkat Pusat 2017, Kemhan Tingkatkan Semangat Bela Negara Generasi Muda

Rabu, 6 September 2017

pcta-2017Jakarta – Kementerian Pertahanan (Kemhan) melalui Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Dirjen Strahan) Kemhan kembali menyelenggarakan kegiatan Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Tingkat Pusat Tahun 2017. Kegiatan PCTA tahun ini mengambil tema “Dengan Semangat Bela Negara, Generasi Muda Mampu Mengatasi Pengaruh Radikalisme Pengaruh Negatif Sosial Media dan Pengaruh Bahaya Narkoba”.

Puncak acara dari kegiatan PCTA Tingkat Pusat Tahun 2017 tersebut dilaksanakan berbarengan dengan pelaksanaan Rakor Kebijakan Pertahanan Negara Tingkat Pusat Tahun Anggaran 2017 dalam satu rangkaian kegiatan Penyelengaraan Pertahanan Negara Tingkat Pusat Tahun 2017, Rabu (6/9) di kantor Kementerian Pertahanan. Dalam kesempatan tersebut disampaikan Pengarahan tertulis Menteri Pertahanan Ryamizard Racudu yang dibacakan oleh Plt Sekjen Kemhan Letjen TNI I Wayan Midhio.

Plt Sekjen Kemhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio mengatakan, bahwa kegiatan PCTA ini sudah rutin dilaksanakan oleh Kemhan setiap tahunnya sebagai upaya secara terus agar generasi muda Indonesia mendapatkan pemahaman mengenai bela negara.

Melalui kegiatan ini, Generasi muda Indonesia diharapkan paham tentang esensi bela negara yakni Cinta Tanah Air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin kepada Pancasila sebagai Ideologi Negara, rela berkomban untuk bangsa dan negara, dan terakhir memilki kemampuan awal bela negara. “Itu sasaran kita, agar kedepan generasi muda memiliki kesadaran bela negara”, jelasnya.

Kegiatan PCTA yang diisi dengan lomba diskusi dan aktivitas lainnya berlangsung tanggal 4 sampai dengan 8 September 2017. Kegiatan diikuti Mahasiswa/i dan Pelajar SLTA sederajat dari seluruh provinsi di Indonesia yang merupakan perwakilan dari para pemenang PCTA di tingkat provinsi.

Sebagai upaya menanamkan cinta tanah air, dalam kegiatan ini para peserta juga menunjukkan aneka ragam budaya baik tarian dan pakaian adat dari provinsi masing-masing serta kunjungan ke tempat bersejarah yang ada di Jakarta.

Berhasil menjadi pemenang Lomba PCTA Tingkat Pengguruan Tinggi Tingkat Pusat Tahun 2017 yakni Juara I dari Universitas Indonesia, Juara II dari Univ Muhammadiyah Prov Kalimantan Tengah dan Juara III dari Universitas Airlangga, Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan untuk Pemenang Lomba PCTA Tingkat SLTA / Sederajat yakni Juara I dari SMA N 28 Jakarta, Juara II dari SMA N I Tarean Provinsi Sulawesi Utara dan Juara III dari SMA N 2 Semarang, Jawa Tengah. Para Pemenang Lomba PCTA khususnya untuk Peguruan Tinggi tersebut mendapatkan hadiah berupa Piala, Sertifikat dan juga uang bantuan beasiswa. (BDI/SGY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia