Sidang Ke-11 ADMM dan Ke-4 ADMM PLUS Menhan RI bertemu Menhan Australia Bahas Ancaman Terorisme

Senin, 23 Oktober 2017

DSC_9508Filipina – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Senin (23/10) di sela-sela sidang ke 11 ADMM dan sidang ke 4 ADMM PLUS bertemu dengan Menhan Australia Marise Payne di Clark, Pampanga, Filipina. Dalam pertemuan ini Menteri Pertahanan kedua negara membicarakan isu keamanan kawasan terutama mengenai ancaman terorisme. Dalam pertemuan ini Menhan Ryamizard Ryacudu juga menjelaskan mengenai kemungkinan kembalinya para militan ISIS ke negara asal dan memasuki wilayah Asia Tenggara. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Menhan Ryamizard kepada para menhan negara-negara anggota ASEAN adalah dirancangnya program “Our Eyes” yaitu kerjasama di bidang intelijen dalam upaya saling tukar informasi intelijen untuk menangkal ancaman terorisme ini.

Menhan juga menjelaskan bahwa ada empat isu besar yang dibicarakan oleh Menhan negara anggota ASEAN yaitu; perkembangan Korea Utara, Laut China Selatan, perkembangan terakhir ancaman ISIS di wilayah Asia Tenggara dan kemelut di Distrik Rakhine Myanmar serta para pengungsi Rohingya. Kepada Menhan Australia Menhan kembali menegaskan bahwa bila pengungsi Rohingya ini tidak ditangani secara serius dan proporsional maka mungkin saja berpotensi menambah ancaman terorisme ketika mereka berhasil dibujuk dan direkrut dalam pergerakan ISIS di kawasan ini.

Sementara itu Menhan Australia Marise Payne kembali menyampaikan undangannya kepada Menhan Ryamizard serta menhan-menhan negara anggota ASEAN untuk datang ke Australia dan duduk bersama membicarakan permasalahan ancaman terorisme di Marawi. (JLY/DAS)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia