Menhan RI dan Menhan Kamboja Tandatangani Persetujuan Kerjasama Pertahanan

Selasa, 24 Oktober 2017

DSC_0319Filipina – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Selasa (24/10) melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Kamboja HE Samdech Picheysena Tea Banh di sela-sela Sidang Ke-11 ADMM dan Sidang Ke-4 ADMM PLUS di Clark, Pampanga, Filipina. Dalam pertemuan ini ditandatangani Persetujuan Antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Kamboja tentang kerjasama di bidang pertahanan. Penandatanganan persetujuan kerjasama bidang pertahanan kedua negara ini adalag tindak lanjut dari kunjungan Menhan RI ke Kamboja pada Agustus 2016 lalu.

Lingkup kerjasama yang termasuk dalam kerjasama pertahanan kedua negara adalah; dialog dan konsultasi bilateral, pertukaran kunjungan antara Badan Pertahanan dan Angkatan Bersenjata, kunjungan pejabat tinggi, pertukaran informasi, kerjasama industri pertahanan, kerjasama Angkatan Bersenjata, peningkatan kapasitas atau area kerjasama lainnya yang disepakati bersama.

Dengan penendatanagan persetujuan kerjasama pertahanan ini Menhan Ryamizard Ryacudu berharap ke depannya sebagai sesama anggota ASEAN, Indonesia dan Kamboja dapat meningkatkan kerjasama dalam menjaga stabilitas keamanan kawasan serta dapat memperkuat bentuk-bentuk kerjasama praktis di lapangan, dalam menghadapi bentuk-bentuk ancaman non-tradisional di kawasan. (JLY/DAS)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia