RI – AS Jalankan Tiga Pilar Utama dalam Pelihara Hubungan Bilateral

Selasa, 14 November 2017

141117 Irjen Terima Ass Deputi Sekjen ASJakarta – Terdapat tiga pilar utama untuk memelihara hubungan bilateral yang baik yaitu kerjasama pendidikan, ekonomi dan militer (pertahanan). Apabila ketiga pilar tersebut telah dilakukan maka kerjasama yang lain akan menyesuaikan. Indonesia dan Amerika sejauh ini telah menjalankan ketiga pilar tersebut.

Demikian diungkapkan Inspektur Jenderal (Irjen) Kemhan Letjen TNI Agus Sutomo saat mewakili Sekjen Kemhan Marsdya TNI Hadiyan Sumintaadmadja menerima American Deputy Assistance Secretary Defence of South and Southeast Asia Dr. Joseph Felter (Joe) beserta rombongan, di kantor Kemhan Jakarta, Selasa (14/11). Pada kesempatan pertama Irjen Kemhan menyampaikan permohonan maaf Sekjen Kemhan yang saat ini sedang menghadiri Konvensi Peace Keeping International di Vancouver Canada.

Irjen Kemhan menyampaikan bahwa Amerika merupakan salah satu negara yang memiliki perhatian besar terhadap stabilitas keamanan baik di kawasan maupun di dunia. Irjen berkeyakinan bahwa semua negara di dunia mempunyai pemikiran yang sama untuk menjaga stabilitas keamanan di kawasan maupun di dunia.

Untuk itu demi menjaga stabilitas keamanan di kawasan dan dunia, Irjen berharap kerjasama antara Indonesia dan Amerika dapat lebih ditingkatkan kearah yang lebih baik lagi. Diharapkan kerjasama tersebut dapat memberi keuntungan bagi kedua belah pihak.

Irjen menyampaikan hal senada juga disampaikan Menhan RI saat bertemu Menhan AS disela-sela pertemuan ADMM-Plus di Philipina. Kedua Menhan berharap kedua negara dapat terus meningkatkan kerjasama militer. Saat melakukan pertemuan bilateral di Philipina, Menhan RI mengatakan bahwa Indonesia juga memiliki keinginan yang sama dengan Amerika untuk berpartisipasi dan ambil bagian dalam menjaga stabilitas keamanan baik di kawasan maupun dunia.

Lebih lanjut Irjen Kemhan menyampaikan bahwa kunjungan delegasi Amerika ke Kemhan kali ini sebagai bentuk perhatian dan komitmen Amerika kepada Indonesia untuk menjaga stabilitas keamanan kawasan serta meningkatkan hubungan kedua negara kearah yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Dr. Joe Felter selaku pimpinan delegasi menanggapi tiga pilar utama dalam menjaga hubungan bilateral sebagaimana disampaikan Irjen Kemhan yaitu kerjasama militer. Pada pertemuan ini, delegasi Amerika berharap dapat bertukar pandangan tentang berbagai hal khususnya terkait kerjasama militer dan pertahanan. Hal ini dilakukan demi kepentingan bersama dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan dan dunia. (ERA/SGY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia