Manado Menjadi Tempat Gebyar Bela Negara Tahun 2017

Senin, 11 Desember 2017

DSC_8175Manado – Menteri Pertahanan Republik Indonesia Ryamizard Ryacudu dan Ibu Nora Ryamizard Ryacudu beserta rombongan pejabat dari Kementerian Pertahanan mengikuti Gebyar dan Konser Bela Negara 2017 di Manada, Sulawesi Utara, Senin (11/12) di Stadion Maesa Tondano, Minahasa.

Terpilihnya Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara menjadi tempat dimulainya Gebyar dan Konser Bela Negara dinilai sangat tepat karena merupakan pintu gerbang Indonesia di wilayah timur yang berbatasan dengan negara tetangga.

Menhan mengatakan pelaksanaan parade budaya dalam Gebyar dan Konser Bela Negara sesuai dengan komitmen Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dalam menjaga persatuan dan kesatuan guna mempertahankan heterogenitas masyarakat di wilayah Indonesia, sesuai dengan semboyan masyarakat Minahasa yaitu Torang Samua Basaudara “Kita Semua Bersaudara”, ungkap Menhan.

Kegiatan Menhan dan Ibu DWP Kemhan di Manado yaitu menghadiri Parade Budaya Kader Bela Negara dan Kampanye Anti Narkoba bagi pelajar se-Manado, penandatangan prasasti Sekolah Bela Negara di SMA 9 Binsus Manado, Sarasehan Nasional Bela Negara, serta Gebyar dan Konser Bela Negara, yang dimeriahkan dengan Parade Kerukunan antar umat beragama dan etnik budaya Indonesia bertema “Merajut Kebersamaan dalam Memperkuat NKRI”.

Menhan berharap melalui bela negara akan terbangun karakter disiplin, optimisme, taat hukum, bekerja keras untuk negara dan bangsa, melaksanakan perintah tuhan sesuai agamanya masing-masing guna turut menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Kesadaran bela negara itu penting untuk ditanamkan kepada seluruh warga negara, sebagai bentuk revolusi mental sekaligus untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas ancaman guna mewujudkan Ketahanan Nasional yang tangguh”.

DSC_7643Lebih lanjut Menhan berpesan kepada pemuda-pemudi warga Manado, “Masa depan Indonesia ada di pundak kalian, untuk itu senantiasa tingkatkan kompetensi dan kapasitas diri sebagai modal insani yang unggul dan kompetitif serta berwawasan kebangsaan dan memiliki kesadaran bela negara guna mewujudkan cita-cita bangsa.

Turut mendampingi acara tersebut Gubernur Sulawesi Utara, Ibu DWP Kemhan, Irjen Kemhan, Rektor Unhan Kemhan, Dirjen Strahan Kemhan, Dirjen Renhan Kemhan, Dirjen Kuathan Kemhan, Dirjen Pothan Kemhan, Kabalitbang Kemhan, Kabaranahan Kemhan, Kabainstranas Kemhan, Kabadiklat Kemhan, Staf Ahli Keamanan Kemhan, Staf Ahli Sosial Kemhan, Staf Ahli Politik Kemhan, Kapusdatin Kemhan, Karo TU Setjen Kemhan, Kapusku Kemhan, Kapuskom Publik Kemhan. (WND/JLY/SPD).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia