Sekjen Kemhan menghadiri Peringatan Hari Bela Negara ke-69

Selasa, 19 Desember 2017

DSC_4673Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan RI Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja menghadiri Peringatan Hari Bela Negara yang ke-69 dengan tema ”Ayo Bela Indonesiaku, Indonesia Rumah Kita”, di Silang Monas, Jakarta Pusat. Selasa (19/12).

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan selaku inspektur upacara mengatakan, peringatan Bela Negara menjadi kesempatan untuk mengingatkan semua bahwa kemerdekaan merupakan perjuangan semesta yang terlibat. “Maknanya sekelompok orang semesta terlibat, semua terlibat dalam pembelaan negara dan itu berjalan selama sesudah kemerdekan 72 tahun. Bahkan kalau kita lihat jauh sebelum negara Indonesia berdiri, pejuang-pejuang bangsa sudah banyak bermunculan,” ungkap Anies, saat membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo.

Bela Negara adalah tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Pembelaan negara bukan semata-mata tugas TNI, tetapi segenap warga negara sesuai kemampuan dan profesinya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Peringatan Bela Negara juga dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Peringatan tersebut untuk menunjukkan komitmen warga agar membela negara. “Mudah-mudahan dengan peringatan Bela Negara makin menyadarkan bahwa kita adalah bagian dari negara, apa yang kita kerjakan adalah kegiatan memperkuat negara dan membela negara,” tegas Anies.

Lebih lanjut, Anies memberikan pesan khususnya untuk anak-anak muda agar membuat karya dan terobosan baru dalam membangun bangsa. “Bagi anak muda beraktivitas, karya-karya terobosan, karya-karya baru adalah bentuk dari membuat negara RI lebih maju, lebih sejahtera,” ungkap Anies.

Turut mendampingi pada acara tersebut, Irjen Kemhan Letjen TNI Agus Sutomo, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiago Uno, Para Pejabat Kemhan, dan jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov DKI Jakarta. (WND/SPD).




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia