Perempuan Indonesia Dapat Jadi Kekuatan Besar Dalam Bangun Keluarga dan Bangsa

Jumat, 22 Desember 2017

221217 PHIJakarta – Melalui Peringatan Hari Ibu (PHI) Ke-89 Tahun 2017 ini, diharapkan dapat mendorong semua perempuan Indonesia termasuk perempuan Kementerian Pertahanan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif dan percaya diri. Selain itu juga diharapkan perempuan Indonesia dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya, sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa.

Hal ini senada dengan tema nasional PHI 2017, “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”. Tema ini mengajak kita sekalian, segenap warga Kemhan, untuk memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan. Demikian amanat Menhan yang dibacakan Staf Ahli Menhan Bidang Keamanan Mayjen TNI Deni K. Irawan saat menjadi Inspektur Upacara PHI di Kemhan, Jumat (22/12).

Perempuan Indonesia masa kini harus menjadi perempuan yang sadar, memahami dan memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki-laki untuk berpartisipasi dalam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang demokratis. Dengan demikian, diharapkan dapat membawa pengaruh positif bagi pembangunan nasional dan kejayaan Indonesia. Saat ini bahkan terbukti perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, mampu menjadi motor penggerak dan motor perubahan (agent of change).

PHI pada dasarnya merupakan moment untuk tetap mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia. Perempuan mempunyai posisi lebih dekat dengan keluarga dan telah menggunakan sebagian waktunya untuk keluarga, anak dan orang tua. Oleh karenanya, perlu dipelihara kodrat, harkat dan martabatnya sebagai Ibu Bangsa yang berhasil membina keluarga yang harmonis dan sejahtera.

Bersamaan dengan upacara PHI kali ini turut dilepas 17 (tujuh belas) orang pegawai Kemhan yang memasuki masa purna tugas, terdiri dari 6 (enam) orang TNI dan 11 (sebelas) orang PNS dimana 7 (tujuh) orang diantaranya telah meninggal dunia. Kepada para purnawirawan, Menhan dan segenap warga Kemhan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya serta terima kasih atas dharma baktinya bagi perkembangan dan kemajuan Kemhan. (ERA/SPD)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia