Awal Tahun 2018, Kemhan Terima Pesawat CN 235 dan Heli dari PT DI

Selasa, 9 Januari 2018

100118 Serah Terima Pesud di PT DIBandung – Mengawali tahun 2018, PT Dirgantara Indonesia (PT DI) menyerahkan 3 (tiga) unit Heli Serang, 1 (satu) unit Pesawat Udara CN 235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA) dan 2 (dua) unit Heli Anti Kapal Selam (AKS) kepada Kementerian Pertahanan. Penyerahan yang berlangsung hari Selasa (9/1) di Hanggar Fixed Wing PT DI, Bandung Jawa Barat, dilakukan secara simbolis dari PT DI kepada Kemhan.

Berita acara serah terima ditandatangani Direktur PT DI Elfien Goentoro dan Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan Laksda TNI Agus Setiadji dengan disaksikan Menhan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, Kasad Jenderal TNI Mulyono dan pejabat terkait di lingkungan BUMN.

Pada kesempatan tersebut, Menhan menyampaikan bahwa Indonesia diprediksi akan menjadi raksasa ekonomi baru di dunia beberapa tahun yang akan datang. Kondisi ini akan mendorong industri pertahanan dalam negeri yang mandiri. Untuk itu diperlukan komitmen bersama dalam membangun industri pertahanan menuju kemandirian yang pada gilirannya akan mendorong perekonomian Indonesia.

Lebih lanjut Menhan menyatakan bahwa penyerahan sejumlah alutsista yang berlangsung di PT DI ini, merupakan wujud dari capaian yang ditunjukan industri dalam negeri Indonesia dalam menjawab tantangan tersebut. Selain itu juga menjawab tantangan industri masa kini yang begitu pesat dan sarat dengan kompetisi global antar bangsa. 090118 Serah Terima Pesud di PTDI

Menhan mengungkapkan bahwa kita telah mampu berdiri di atas kaki sendiri dan dalam proses menuju visi menjadi produsen alutsista yang mampu berkiprah di kancah internasional. Oleh karena itu Menhan mengajak untuk menunjukkan kepada dunia bahwa produk heli dan pesawat udara ini memiliki kualitas dan kemampuan yang handal serta prima dalam memperkuat sistem pertahanan negara Indonesia.

Sementara itu, Dirut PT DI mengatakan bahwa pesawat CN 235-220 MPA dan Helikopter AS565 Mbe Panther AKS akan memperkuat TNI AL. Sedangkan Helikopter Serang AS555AP Fennec akan memperkuat TNI AD. Pesawat CN 235-220 MPA dapat digunakan untuk berbagai macam misi seperti patroli perbatasan dan Zona Ekonomi Eksklusif, pengawasan pencurian ikan dan pencemaran laut, pengawasan imigrasi dan perdagangan manusia, penyelundupan narkoba dan barang ilegal serta pencarian dan penyelamatan korban bencana.

Pesawat CN235-220 MPA adalah produksi anak negeri yang sudah banyak dibeli oleh negara-negara sahabat untuk keperluan patroli laut, sedangkan Helikopter Serang AS555AP Fennec serta Helikopter AS565 Mbe Panther adalah hasil kerjasama PT DI dengan Airbus Helicopters Perancis. Namun untuk fase integrasi AKS sejak design hingga pemasangan adalah hasil karya PT DI.  (ERA/SGY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia