Sekjen Kemhan Tekankan Jajaran Kemhan Untuk Lakukan Efisiensi Anggaran

Selasa, 30 Januari 2018

20180130_073932Jakarta – Dalam rangka menindaklanjuti Arah dan Sasaran Kebijakan Pertahanan Negara Tahun 2018, jajaran Unit Organisasai Kementerian Pertahanan (UO Kemhan) menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) Kemhan Tahun 2018.

Rapim dibuka dan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemhan Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja, Selasa (30/1) di kantor Kemhan Jakara. Turut mendampingi Sekjen Kemhan dalam kesempatan tersebut Irjen Kemhan Letjen TNI Agus Sutomo dan Rektor Unhan Letjen TNI I Wayan Midhio.

Dalam sambutan pembukaannya, Sekjen Kemhan menekankan kepada seluruh jajaran Kemhan untuk melaksanakan Program Kerja dan Anggaran Tahun 2018 secara efektif dan efisien tetapi tanpa mengurangi volume output pada kegiatan.

“Dalam hal melakukan efisiensi anggaran, hendaknya tidak mengurangi volume output pada kegiatan. Tetap laksanakan penentuan skala prioritas sasaran dan mewujudkan tugas dan fungsi yang terintegrasi dengan tugas dan fungsi Satker dan Sub Satker lainnya”, jelas Sekjen Kemhan.

Kalau ada efektifitas dan efesiensi, menurutnya dapat dialihkan ke kegiatan- kegiatan yang betul-betul memerlukan anggaran. Terkait efisiensi ini lebih lanjut Sekjen Kemhan mencotohkan, misalnya dalam pelaksanaan tugas perjalanan dinas baik dalam dan luar negeri harus dilaksanakan secara efesien dan efektif melibatkan tim yang kecil dan betul-betul kompeten.

“Hal ini juga berlaku untuk kegiatan sosialisasi, monitoring dan evaluasi serta kunjungan kerja ke daerah – daerah agar efisien dan efektif”, tambah Sekjen Kemhan.

Rapim Kemhan Tahun 2018 mengambil tema “Mewujudkan Sinergitas Antar Fungsi di Kementerian Pertahanan, Peningkatan Profesionalisme Pegawai Kemhan dan Pengembangan Industri Pertahanan serta Kekuatan Rakyat melalui Semangat Bela Negara”.

Melalui kegiatan Rapim UO. Kemhan ini, Sekjen Kemhan berharap akan dapat memberikan energi positif bagi penyempurnaan sistem pertahanan negara. Melalui diskusi dan sharing hasil evaluasi program kerja TA. 2017, maka dapat diambil hal-hal yang positif untuk penguatan pelaksanaan program kerja TA. 2018.

Menurut Sekjen Kemhan, pada Program Kerja dan Anggaran Tahun 2017 Kemhan dapat menyelesaikannya dengan baik, walaupun masih ada beberapa catatan yang harus menjadi perhatian semua.

“Ada pencapaian yang sudah diraih dan hal ini tidak lepas dari upaya dan kerja keras kita semua. Namun dalam pencapaian tersebut, ada beberapa hal yang perlu dicermati bersama untuk kita perbaiki dan ditingkatkan lagi di tahun 2018 ini”, jelasnya. (BDI/SGY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia