Sekjen Kemhan RI Lakukan Kunjungan ke Kemhan Singapura

Selasa, 20 Maret 2018

200318 Kunker Sekjen ke Spore1Singapura – Selama dua hari mulai tanggal 19-20 Maret 2018, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja melakukan kunjungan kerja ke Singapura. Dalam kunjungan tersebut, Sekjen Kemhan RI melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pertahanan Singapura Dr. Ng Eng Hen yang berlangsung di Kementerian Pertahanan Singapura, Selasa (20/3).

Kepada Menhan Singapura, Sekjen Kemhan RI memperkenalkan diri atas kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai Sekjen Kemhan RI yang baru menggantikan Laksdya TNI Widodo yang memasuki masa purna tugas. Dalam kesempatan tersebut atas nama pemerintah Indonesia, Sekjen Kemhan menyampaikan ucapan selamat kepada Singapura atas keberhasilannya dalam penyelenggaraan ADMM Retreat dan Singapore Air Show 2018 pada bulan Februari lalu.

Dalam pertemuan bilateral dua negara sahabat, Sekjen Kemhan RI mengungkapkan secara geografis, Singapura merupakan tetangga yang abadi bagi Indonesia sehingga kedua negara memiliki banyak kepentingan dalam menciptakan kawasan yang stabil dan aman. Indonesia berprinsip bahwa negara sahabat adalah tetangga terdekat.

Untuk itu dalam menghadapi setiap permasalahan, kedua negara sebagai bagian dari ASEAN hendaknya melakukan komunikasi terbuka dan saling percaya dengan prinsip kesetaraan dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Diperlukan kerja sama yang lebih erat lagi bagi kedua negara dengan tetap berprinsip pada saling percaya, tidak melakukan intervensi dan menghormati kedaulatan masing-masing negara.

Oleh karenanya Sekjen Kemhan RI berharap hubungan kerja sama dan persahabatan Indonesia dan Singapura dapat terus terpelihara dengan semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati.

Dalam kerangka ADMM Plus, Indonesia mengucapkan selamat kepada Singapura yang telah bersama-sama dengan Australia secara sukses memimpin Kelompok Kerja Kontra Terorisme (EWG on CT) pada periode 2014-2016 yang lalu. Pada kesempatan terebut, Sekjen Kemhan mengharapkan dukungan Singapura atas terpilihnya Indonesia dan Australia sebagai ketua dalam Kelompok Kerja Operasi Penjaga Perdamaian (EWG on PKO) pada periode 2017-2020 mendatang.

Setelah melakukan pembicaraan bilateral dengan Menhan Singapura, Sekjen Kemhan berkesempatan untuk mengunjungi Changi Command and Control Centre (CC2C), Information Fusion Centre (IFC) dan Changi Regional HADR Coordination Centre (Changi RHCC). Kesemuanya berlokasi di Changi Naval Base.

Sementara itu sehari sebelumnya, Senin (19/3), Sekjen Kemhan juga melakukan pertemuan dengan Singapore Permanent Secretary of Defence Chan Yeng Kit. Dalam pertemuan tersebut, kedua Sekjen selain memperkenalkan jabatan yang baru diembannya sebagai Sekjen juga membahas seputar isu keamanan regional dan juga hubungan bilateral kedua negara. (ERA)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia