Apel Bersama Hari Kartini Pecahkan Rekor MURI dengan Peserta Perempuan Terbanyak

Rabu, 25 April 2018

250418 JKW Hari Kartini di MonasJakarta – Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara memimpin Apel Bersama Wanita TNI, Polwan dan Segenap Komponen Bangsa, dalam rangka Memperingati Hari Kartini Tahun 2018 di Silang Monas Jakarta, Rabu (25/4). Apel Bersama yang juga dihadiri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sekjen Kemhan Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja ini melibatkan 10.977 Perempuan Indonesia.

Keterlibatan Perempuan Indonesia dalam apel bersama ini memecahkan Rekor MURI 2018. Penghargaan diberikan Ketua Muri Jaya Suprana kepada Ibu Nani Hadi Tjahjanto dan Ibu Tito Karnavian. Bertindak sebagi Komandan Upacara adalah Kolonel CHK Kowad Teti Melina, yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Korps Wanita (Kodiklat) TNI AD.

Dalam amanatnya Presiden Joko Widodo menyatakan penghargaan dan kekagumannya pada Perempuan Indonesia yang lembut dan tegas. Wanita memiliki peran yang khas dan unik yaitu dapat memberikan rasa aman dan pelayanan prima kepada masyarakat.

Dalam berbagai kesempatan, lanjut Presiden RI, Wanita TNI dan Polwan benar-benar terampil di lapangan dan dapat membuat situasi yang sulit menjadi tenang dan terkendali. “Itulah kelebihan perempuan lembut namun tegas dan itulah yang dibutuhkan negara ini,” tegas Presiden RI. 250418 Sekjen Hari Kartini

Wanita TNI dan Polwan menjadi simbol inspirasi bagi anak-anak Perempuan Indonesia dimanapun berada dan juga merupakan ekspresi kasih sayang negara kepada masyarakatnya. Wanita TNI dan Polwan adalah contoh dan teladan bagi kemajuan bangsa.

Menutup amanatnya Presiden berpesan untuk jangan pernah lelah mencintai negara dan selalu tunjukkan wajah kecintaan ibu pertiwi pada insan-insan Indonesia.

Usai apel bersama, berbagai atraksi dihadirkan memeriahkan apel bersama diantaranya drama kolosal Laksamana Malahayati serta atraksi berkuda, motor gede, dan terjun payung, yang semuanya dilakukan oleh Perempuan Indonesia. (ERA/SGY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia