Penerapan Pengelolaan Kearsipan yang Handal, Komprehensif dan Terpadu.

Kamis, 26 April 2018

 

SGY_1488...ARSIPJakarta Program reformasi birokrasi guna membangun transparansi dan akuntabilitas dengan menerapkan pengelolaan kearsipan yang handal, komprehensif dan terpadu. Dalam pengelolaan kearsipan tidak lepas dari akreditasi kearsipan. Demikian sambutan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Asistensi Kearsipan Kemhan. Kamis (26/4), di Gedung Urip Sumohardjo Kemhan, Jakarta.

Sekjen mengatakan arsip adalah identitas bangsa, arsip adalah memori kolektif bangsa, Oleh karena itu, sangat perlu pemahaman bagaimana pengelolaan arsip secara baik dan benar. “Tata kelola kearsipan yang baik merupakan cermin manajemen perkantoran dan organisasi yang tertib dan lancar,” ungkap Sekjen.

Kegiatan tersebut diselenggarakan Biro Tata Usaha dan Protokol Setjen Kemhan untuk menambah wawasan dan pengetahuan pegawai Kemhan tentang pengelolaan kearsipan. Selain itu, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan asistensi kearsipan yang berujung pada pendampingan tiap-tiap satker khususnya pemberkasan dan penyusutan arsip.

Biro Tata Usaha dan Protokol Setjen Kemhan sebagai pembina pengelolaan kearsipan memiliki tugas membimbing dan mengarahkan satker/subsatker Kemhan. Asistensi dan pengawasan menjadi pokok bahasan dalam rapat koordinasi dan merupakan bagian dari tugas pembinaan.

Lebih lanjut Sekjen berharap, melalui rakor pengelolaan kearsipan Kemhan agar menyimak dan mengikuti kegiatan secara tertib dan benar-benar membawa dampak positif bagi peningkatan pengelolaan kearsipan di lingkungan Kemhan pada tahun-tahun mendatang.

Turut hadir pada acara tersebut Narasumber Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan Arsip Nasional RI Bapak Rudi Anton, S.H, M.H, Kepala Biro Kepegawaian Sekjen Kemhan, Kepala Biro Umum Setjen Kemhan, Kepala Biro Perencanaan Setjen Kemhan serta para Kabag dan Kasubbag dari satker-satker dilingkungan Kemhan. (WND/SGY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia