Indonesia – Amerika Serikat Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Pelatihan

Rabu, 2 Mei 2018

SSI_8746.sasiJakartaUnited States Defense Management Program (US DMP) adalah program pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan oleh pihak Amerika Serikat dalam rangka meningkatkan kemampuan di bidang manajemen pertahanan Indonesia. Program ini telah disepakati pada pertemuan ke-14 Indonesia – United States Security Dialogue (IUSSD) pada tanggal 1-2 September 2016 di Pentagon, Washington, DC,USA dan pertemuan ke-15 IUSSD pada tanggal 14-15 November 2017 di Jakarta.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertahanan RI Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja mengikuti acara paparan United States Defense Management Program (US DMP) oleh Col. Michael Spake. Rabu (2/5) di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Indonesia dan Amerika Serikat sepakat untuk melaksanakan Basic Capability Planner Seminar Series guna meningkatkan kemampuan di bidang perencanaan di lingkungan Kemhan dan TNI. Kegiatan seminar tingkat Basic tersebut dilaksanakan pada tahun 2017 di Kemhan selama 12 (dua belas) kali pertemuan mulai bulan April sampai dengan bulan September 2017.

Pada pertemuan IUSSD ke-15 pada bulan November 2017 di Jakarta telah disepakati untuk melanjutkan kursus bidang perencanaan pada tingkat Advance. Dari hasil koordinasi dengan tim Defense Management Program Kedubes AS di Jakarta pada tanggal 22 Januari 2018.

Pihak Amerika Serikat menyampaikan rencana kegiatan seminar lanjutan tingkat Advance Capability Planner Course (ACPC) pada tahun 2018. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari di Indonesia dan selama 3 (tiga) minggu di Amerika Serikat, dengan alokasi peserta dari Kemhan dan TNI sebanyak 20 (dua puluh) orang inti dan 6 (enam) orang cadangan.

Persiapan dan pelaksanaan kegiatan ACPC, baik di Indonesia maupun di Amerika Serikat untuk kebutuhan anggaran didukung dari pihak Amerika Serikat, sehingga pihak Indonesia dalam hal ini Kemhan dan TNI hanya mempersiapkan personel saja.

Hadir mendampingi Sekjen Kemhan pada acara tersebut, Dirjen Kuathan Kemhan, Kabaranahan Kemhan, Dirjen Strahan Kemhan, Dirjen Renhan Kemhan, Dirjen Pothan Kemhan, Dirmat Ditjen Kuathan Kemhan, Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan, Kapuskom Publik Kemhan. (WND/SSI)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia