Pulau Nipa Sangat Strategis Bagi Keutuhan NKRI

Sabtu, 12 Mei 2018

DSC_0110Batam – Pulau Nipa merupakan salah satu wilayah terdepan NKRI yang masuk Kota Batam dan berbatasan langsung dengan Singapura, sejak Indonesia dipimpin oleh Presiden Megawati mulai direklamasi karena hampir tenggelam. Pada saat ini kawasan tersebut ditempati oleh Prajurit TNI di bawah Komando Lanal Batam.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja untuk yang kedua kalinya beserta rombongan berkunjungan ke Pulau Nipa. Sabtu (12/5) Batam. Pulau Nipa sangat strategis bagi keutuhan NKRI dan bisa juga sebagai lokasi investasi untuk swasta.  Pulau tersebut memiliki luas 60 hektare, dimana pada saat ini sekitar 40 hektare diantaranya dipakai sebagai markas TNI AL untuk mengamati kondisi di perairan Selat Malaka antara Indonesia dan Singapura.

Pada saat ini PT Surya Mina Asinusa belum memulai tahapan konstruksi lahan karena masih harus melengkapi perizinan seiring menyusun tahap disain proyek. Kilang minyak tersebut nantinya akan berfungsi sebagai lokasi kebutuhan baik untuk dalam negeri maupun luar negeri termasuk PT Pertamina.

DSC_0101.pn1.Sekjen Kemhan mengungkapkan pada tahun 2021 kawasan Pulau Nipa sudah berubah menjadi sebanding dengan negara tetangga. “Pulau Nipa akan dikembangkan menjadi satu kawasan terpadu, yakni kawasan yang dimanfaatkan untuk kepentingan pertahanan sekaligus mengembangkan potensi yang dapat mendorong peningkatan kesejahteraan di bidang perekonomian”, ujar Sekjen Kemhan.

Ketika berada di Pulau Nipa, Sekjen Kemhan beserta rombongan menyempatkan diri melakukan peninjauan barak, mess prajurit serta melakukan penanaman pohon waru, pohon mangga sebagai bentuk gerakan penghijauan Pulau Nipa. (WND/BOY)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia