“Kita Pancasila : Bersatu Berbagi Berprestasi”

Jumat, 1 Juni 2018

UPACARA ! JUNIJakarta – Kepala Badan Instalasi Pertahanan Kemhan RI Mayjen TNI Alfred BH Rande Tandung memimpin Upacara Peringatan Hari lahir Pancasila Tahun 2018, Jumat (1/6) di Lapangan Bhineka Tunggal Ika Kemhan Jakarta.

Menteri Pertahanan RI dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kabainstrahan menyampaikan bahwa Pancasila membuat bangsa ini bersatu sekaligus memberikan semangat bagi putra-putri bangsa untuk leluasa menikmati kehidupan sejahtera yang memberikan motivasi untuk berbagi dan menjadikan sumber inspirasi untuk berprestasi yang sebaik-baiknya.

Selain itu merayakan hari lahir Pancasila berarti kita menguatkan pondasi berbangsa dan merasakan indahnya bersatu, berbagi dan berprestasi untuk mencapai kejayaan bangsa dimasa depan.

Begitu pentingnya arti Pancasila sehingga pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016 yang diperingati setiap tahun. Hal ini untuk mengingatkan kita semua bahwa Pancasila sebagai dasar ideologi negara Indonesia harus diketahui asal-usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi sehingga nilai-nilai luhur dalam Pancasila harus diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila adalah satu-satunya ideologi negara yang paling tepat untuk negara Indonesia yang heterogen dengan kedudukan dan peranan Pancasila bagi bangsa dan negara kita sangat penting karena Pancasila dijadikan salah satu pilar bangsa dan negara yang memuat kesepakatan bersama seluruh bangsa dalam negara yang mejemuk ini.

Pada kesempatan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini juga akan dilepas 12 (Dua belas) orang pegawai Kemhan yang akan memasuki masa purna tugas terdiri dari 7 (Tujuh) orang TNI dan 5 (Lima) orang PNS. (DS/RPL)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia