Korea Selatan Apresiasi Indonesia Sebagai Negara Poros Maritim Dunia

Senin, 2 Juli 2018

020718 Kasal Korsel2Jakarta – Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi negara poros maritim dunia. Poros maritim merupakan gagasan strategis yang diwujudkan Presiden RI Joko Widodo. Untuk itu Pemerintah Korea melalui Kasal Korea sangat mengapresiasi gagasan tersebut.

Dalam kesempatan bertemu dengan Menhan RI Ryamizard Ryacudu, Senin (2/7), di kantor Kemhan Jakarta, Kasal Korea Admiral HM. Hyun-Seong mengungkapkan hal senada bahwa pemerintah Korea saat ini sedang berupaya untuk menaikkan peranan dan anggaran Angkatan Laut Korea.

Namun, lanjut Kasal Korea, pemerintahnya saat ini sedang menghadapi kesulitan untuk menaikkan anggaran Angkatan Laut. Karena hal ini akan berimbas pada Angkatan Darat dan Angkatan Udara Korea yang akan mengalami pengurangan anggaran apabila terjadi kenaikan anggaran Angkatan Laut. Mengingat anggaran militer Korea hanya 13,6% dari seluruh anggaran.

Menanggapi hal tersebut, Menhan menyampaikan tanggapannya bahwa salah satu keuntungan yang didapat dengan bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara adalah akan mengurangi anggaran belanja yang tidak diperlukan. Menhan RI mengungkapkan bahwa jejak sejarah menulis bahwa Korea Selatan dan Korea Utara merupakan saudara kandung. Untuk itu Menhan berharap perdamaian antara Korea Selatan dan Korea Utara sebagai negara tetangga dan saudara kandung dapat segera terwujud. Karena hal tersebut dapat berdampak pada anggaran belanja Korea.  (ERA/SPD)




Hak Cipta © Kementerian Pertahanan Republik Indonesia